Senin, 23 September 2019 | 21:02:28 WIB

Presiden Pimpin Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi

Sabtu, 17 Agustus 2019 | 18:42 WIB
Presiden Pimpin Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi

Presiden Joko Widodo memimpin Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka, Sabtu, 17 Agustus 2019. Jokowi mengenakan pakaian adat khas Klungkung, Bali dan memberikan bendera plakat pada salah satu anggota Paskibraka 2019. (FOTO: ANTARA/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Presiden Joko Widodo memimpin Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka, Sabtu, 17 Agustus 2019. Jokowi mengenakan pakaian adat khas Klungkung, Bali.

 
Ada yang berbeda dalam pelaksanaan upacara tahun ini. Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla sempat menaiki mobil kepresidenan berpelat Indonesia 1.
 
Mobil tersebut masuk lewat pintu di Jalan Medan Merdeka Utara. Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, sedangkan JK didampingi istri, Mufidah Kalla.

Upacara dimulai dengan diawali dentuman meriam sebanyak 17 kali dan sirene. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan naskah teks Proklamasi Kemerdekaan oleh Ketua DPD Oesman Sapta Odang.
 
Acara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi. "Untuk mengenang jasa pahlawan, khususnya sang Proklamator, Bung Karno dan Bung Hatta, mengheningkan cipta dimulai," kata Jokowi.
 
Setelah itu, peringatan detik-detik proklamasi ditutup dengan pembacaan doa. Doa dibacakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.
 
Kolonel Laut Hariyo Poernomo didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Saat ini ia menjabat sebagai Kepala Departemen Strategi Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal).


MEDCOM

Berita Terkait