Senin, 28 Mei 2018 | 06:23:37 WIB

Wagub DKI Jakarta Setuju Pemimpin harus Blusukan

Minggu, 14 Februari 2016 | 14:59 WIB
Wagub DKI Jakarta Setuju Pemimpin harus Blusukan

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat saat berdialog dengan warganya di Jakarta. (FOTO: IST/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat setuju dengan permintaan Presiden Joko Widodo agar pemimpin di daerah rajin blusukan atau turun langsung ke lapangan.

"Memang sekarang pemimpin harus turun ke lapangan agar dekat dengan rakyatnya, dia tidak bisa lagi hanya duduk di belakang meja," kata Djarot ketika ditemui di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Minggu (14/2).

Ia menyebutkan selain harus mendekatkan diri dengan rakyat, pemimpin daerah juga harus memastikan adanya sinergi pembangunan daerah dengan pusat.

"Undang-undang kita kan mengatakan gubernur itu adalah wakil pemerintah pusat di daerah, dia berperan memastikan pembangunan yang dilakukan betul-betul sinergis dengan yang dikerjakan pusat," katanya.

Sebelumnya Presiden Jokowi meminta para gubernur untuk turun langsung ke lapangan guna mengurai dan menyelesaikan masalah di daerah yang mereka pimpin.

"Jangan bekerja di belakang meja, turun langsung ke lapangan untuk mengurai masalah, untuk menyelesaikan masalah," kata Presiden Jokowi saat memberikan amanat kepada tujuh pasang gubernur-wakil gubernur yang dilantik di Istana Negara Jakarta, Jumat (12/2).

Ia menegaskan gubernur dan wakil gubernur hasil Pilkada 2015 harus bisa menjadi dwitunggal yang saling memperkuat dan melengkapi. Presiden berpesan agar mereka bekerja dengan baik, penuh amanah, dan selalu dekat dengan rakyat.

"Bekerjalah dengan baik, penuh amanah, dekatlah selalu dengan rakyat, sehingga saudara-saudara tetap menjadi pemimpin yang terpercaya," ujar Presiden.

Kepala Negara atas nama bangsa, negara, dan rakyat Indonesia, pada kesempatan itu mengucapkan selamat atas pelantikan gubernur dan wakil gubernur rakyat di tujuh provinsi, yakni Provinsi Sumatera Barat, Jambi, Kepulauan Riau, Bengkulu, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Utara pasti gembira menyambut para pemimpin baru mereka. (ANT)

Berita Terkait