Senin, 23 September 2019 | 21:10:25 WIB

Menkopolhukam Wiranto Jamin Keamanan Negara

Selasa, 20 Agustus 2019 | 09:44 WIB
Menkopolhukam Wiranto Jamin Keamanan Negara

Konferensi pers Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Kemanan (Menkopolhukam), Wiranto terkait ricuh di Manokwari, Papua Barat. (FOTO: MEDCOM/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Kemanan (Menkopolhukam), Wiranto, memastikan Indonesia aman. Ini menyusul kerusuhan di Manokwari, Papua Barat.
 
"Jaminan sepenuhnya untuk terpeliharanya stabilitas keamanan di seluruh wilayah nasional," ujar Wiranto di Kantor Kemenpolhukam, Jakarta Pusat, Senin, 19 Agustus 2019.
 
Wiranto sudah memerintahkan TNI-Polri tidak melakukan hal-hal yang kembali memicu kericuhan. Terutama, dalam mengusut kejadian di Surabaya, Jawa Timur.

"TNI dan Polri sudah diinstruksikan untuk senantiasa melaksanakan tindakan persuasif dan terukur pada masyarakat," tutur dia.
 
Mantan Panglima TNI itu juga menghimbau masyarakat tidak mudah terpancing provokasi dari berita bohong atau hoaks. Wiranto menyebut berita-berita semacam itu bisa membuat keretakan bangsa.
 
"Semoga bisa cepat diselesaikan agar tetap fokus pada pembangunan nasional yang saat ini sedang digalakan Presiden Joko Widodo," jelasnya.
 
Kerusuhan di Manokwari, Papua Barat, bermula saat massa bergerak ke pusat kota dan memblokade sejumlah titik sejak pukul 08.00 Waktu Indonesia bagian Timur (WIT). Pengunjuk rasa awalnya sepakat melakukan aksi damai.
 
Namun jelang siang, sejumlah titik di Kota Manokwari justru diblokade dengan pembakaran ban bekas. Emosi massa tersulut akibat provokasi yang dilakukan oknum via media sosial. Konten berisi dugaan penyerangan mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya, Jawa Timur, menjadi pemicunya.

MEDCOM

Berita Terkait