Senin, 23 September 2019 | 21:05:58 WIB

Walikota Gorontalo Ajak Pemkot Ternate Kembangkan Ekonomi dan Wisata

Selasa, 20 Agustus 2019 | 13:09 WIB
Walikota Gorontalo Ajak Pemkot Ternate Kembangkan Ekonomi dan Wisata

Walikota Gorontalo H Marten Taha saat mengunjungi Keraton Kesultanan Ternate, Senin (19/8/2019). (FOTO: ALDY/LINDO)

TERNATE, LINDO - Walikota Gorontalo H Marten Taha merasa bangga melakukan kunjungan kerja ke Kota Ternate. Menurutnya, kehadiran dikota Ternate ini adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi ia dan pemerintahannya, karena selama dua hari berada di Kota Ternate, Maluku Utara, banyak manfaat yang ia pelajari untuk diterapkan di Gorontalo.

Dalam kunjungan kerja itu, Walkota Gorontalo beserta jajarannya juga memboyong para perangkat keraton kesultanan Gorontalo untuk mengenal secara dekat sisi kehidupan adat dan budaya kesultanan Ternate.

Walikota juga mengaku dalam pembangunan tentu memiliki kesamaan soal adat dan budaya, oleh sebab itu dirinya akan melaksanakan kegiatan pembangunan bersama-sama dengan Walikota Ternate.

"Kesamaan inilah yang tentunya saya akan melaksanakan kegiatan dengan Pak Walikota Ternate terkait dengan pembangunan dua Kota ini. Kita sama-sama punya adat dan budaya yang sama, oleh karena itu kearifan-kearifan lokal yang ada di kedua daerah ini tentu kita akan kembangkan dalam rangka untuk menjadi spirit bagi kita untuk membangun daerah. Karena antara Ternate dan Gorontalo itu punya hubungan yang sangat erat sekali dari sisi budaya agama dan adat," kata Walikota Gorontalo saat bertandang ke Keraton Kesultanan Ternate, di Ternate, Senin (19/8/2019).

Walikota juga mengakui bahwa Ternate juga memiliki kearifan lokal yang sama dengan Kota Gorontalo, oleh sebab itu dia ingin bersinergi agar pembangunan kedua kota ini menjadi modal utama.

"Saya rasa Ternate juga punya kearifan lokal, Gorontalo juga punya kearifan lokal, nah inilah yang kita coba sinergikan sehingga menjadi modal kita dalam membangun dua daerah ini," ujarnya.

Walikota mengakui kehadirannya dikota Ternate sebagai bentuk silaturahmi dengan pemerintah dan masyarakat Kota Ternate. Termasuk dia ingin melihat secara dekat kemajuan daerah ini dalam segi pemerintahan dan pembangunannya.

"Saya dan pak walikota Ternate sama-sama pengurus dan aktivis Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang tentunya kita saling meninjau dan saing melihat kemajuan daerah. Kalau saya lihat dari segi pemerintahan dan pembangunannya sudah sangat baik," tuturnya.

Dalam kunjungan itu, walikota Gorontalo mengaku tertarik dengan pelaksanaan pembangunan yang ada di Kota Ternate. Termasuk pelayanan yang diterapkan oleh pemerintah kota Ternate seperti pelayanan sampah, pelayanan perizinan, dan tata kelola pemerintahannya.

"Saya lihat pelayanan pemerintah terhadap masyarakatnya sangat bagus, hal inilah yang nantinya akan kami terapkan di kota Gorontalo. Misalnya pelayanan kepada masyarakat, bagaimana pengelolaan sampah, bagaimana pelayanan perizinan dan bagaimana tata kelola pemerintahannya," paparnya.

Sementata dari sektor perikanan, walikota Gorontalo ingin ada sebuah MoU dengan pemerintah Kota Ternate, karena ia menilai dari sektor perikanan merupakan sektor yang memberi kontribusi penting terhadap kemajuan ekonomi disebuah kota.

"Kalau dari sisi laut memang hasil perikanannya sangat besar, sehingga dari situ kita juga akan melihat bagaimana Kota Ternate mengelola sektor perikanan sehingga bisa memberikan kontribusi penting terhadap perekonomian dikota Ternate. Saya sangat tertarik dan ingin lakukan kerjasama dengan pemkot Ternate supaya sama-sama bisa menyumbang perekonomian di dua kota ini," harapnya.

Selain perikanan, Walikota yang menjabat di pengurus keraton Gorontalo ini menegaskan, soal pariwisata pihaknya siap duduk bersama-sama dengan Pemkot Ternate untuk mempromosikan kedua daerah ini ke manca negara.

"Saya sangat tertarik sekali soal pariwisata, saya ingin dalam waktu dekat ini ada sebuah kerjasama di bidang pariwisata, supaya pariwisata kita makin berkembang dan saling mempromosikan daerah masing-masing. Ternate bisa mempromosikan Kota Gorontalo, Kota Gorontalo juga sebaliknya mempersilahkan wisatawannya bisa datang ke Ternate dan wisatawan Ternate bisa ikut menikmati wisatawan yang ada di Gorontalo," tutupnya.

ALDY M

Berita Terkait