Minggu, 22 September 2019 | 21:46:35 WIB

Kalteng Siap Jika Ditunjuk Sebagai Ibu Kota Baru

Kamis, 22 Agustus 2019 | 06:11 WIB
Kalteng Siap Jika Ditunjuk Sebagai Ibu Kota Baru

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran. (FOTO: MI/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran mengaku telah menyiapkan lahan sebagai lokasi ibu kota baru. Ada sekitar 300 ribu hingga 500 ribu hektar lahan yang siap digunakan pemerintah sebagai lokasi pengganti DKI Jakarta.
 
Ia menyebut ada tiga kota yang diusulkan sebagai calon ibu kota baru, salah satunya Palangkaraya. Apalagi Kalimantan Tengah memiliki keunggulan, yakni provinsi yang luasnya 1,5 kali Pulau Jawa.
 
"Kita provinsi terluas, penduduknya kecil, relatif sedikit, hanya 2,6 juta penduduk. Jadi cocok sekali," ungkapnya kepada Medcom.id di kompleks Metro TV, Jakarta, Rabu, 21 Agustus 2019.

Dia mengatakan Kalimantan Tengah tidak meminta untuk dipilih menjadi ibu kota. Pasalnya, rencana pemindahan ibu kota adalah keputusan negara.
 
"Kita cuma menunggu, kalau sudah ada keputusan untuk diletakkan ke Kalimantan Tengah, kita bersyukur menjadi bagian sejarah," imbuhnya.
 
Meski begitu, dia mengajak masyarakat agara mau tak mau harus setuju dengan pemindahan ibu kota. Terlebih jika Kalimantan Tengah diputuskan sebagai ibu kota Indonesia.
 
"Karena kita Negara Kesatuan Republik Indonesia, mendukung atau tidak, suka tidak suka, ya harus suka (ibu kota dipindah)," kata dia
 
Presiden Joko Widodo mengatakan ada dua provinsi yang menjadi kandidat ibu kota baru, yakni Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Dia mengatakan ada sejumlah pertimbangan untuk memindahkan pusat administrasi, seperti pemerataan ekonomi, bencana alam, tata kota, dan tata ruang.
 
Pemindahan ibu kota ini secara terang-terangan disampaikan Jokowi saat membacakan pidato kenegaraan di DPR pada Jumat pekan lalu. "Mohon izin saya meminta izin untuk memindahkan ibu kota ke Kalimantan," kata Jokowi.

MEDCOM

Berita Terkait