Selasa, 15 Oktober 2019 | 16:20:41 WIB

51.460 Jamaah Sudah Dipulangkan, 328 Jamaah Yang Wafat di Tanah Suci

Minggu, 25 Agustus 2019 | 09:02 WIB
51.460 Jamaah Sudah Dipulangkan, 328 Jamaah Yang Wafat di Tanah Suci

Sejumlah kerabat sedang menjemput jemaah haji yang baru saja tiba dari tanah suci, Makkah. Sedangkan Jamaah Indonesia telah kembali ke tanah air di Indonesia sebanyak 51.460, pada Sabtu (24/8/2019). (FOTO: ALDY/LINDO)

MADINAH, LINDO - Sebanyak 328 jemaah haji sudah menghembuskan nafas terakhir di Tanah Suci. Jemaah yang wafat berasal dari haji reguler dan khusus.

Jemaah haji yang wafat di berbagai lokasi. Seperti di Madinah, Jeddah, Makkah, Arafah, Muzdalifah, dan Mina. Demikian mengutip data Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019 Arab Saudi, Sabtu (24/8/2019).

Sebelumnya, Kepala Seksi Kesehatan Daerah Kerja Bandara Jeddah-Madinah, Karmidjono Pontjo meminta jemaah haji yang masih di Tanah Suci tetap menjaga kesehatan jelang kepulangan.

Salah satunya, dengan minum air putih setiap dua jam sekali. Asupan air yang banyak guna menghindari dehidrasi.

"Tetap jaga kondisi jangan kelelahan kemudian makan dan minum seperti yang dianjurkan kalau kalau perlu setiap 2 jam minum air tiap 2 jam ini harus sudah itu sekali bisa 1 jam, " ujar dia.

Dia menuturkan jika asupan air akan menjaga kondisi jemaah haji tetap prima. Akibat dehidrasi dan kelelahan, masih ada jemaah yang jatuh sakit saat bersiap kembali pulang ke Indonesia.

"Jemaah haji itu setelah melaksanakan proses awal mula itu sudah kelelahan dan disusul dengan tawaf ifaddah, tawaf wada itu dalam kondisi kelelahan. Mereka juga kemudian lupa untuk minum air ketika sampai di bandara," tambah dia.

Usai kelelahan dari melaksanakan rangkaian ibadah haji, jemaah kemudian harus menempuh perjalanan dari Makkah menuju bandara di Jeddah.

Di saat inilah, jemaah terlupa untuk tetap banyak minum sehingga terkena dehidrasi. Akhirnya mereka pun harus dirawat usai tiba di bandara.

51.460 Jamaah Dipulangkan ke Tanah Air

Jemaah haji yang dipulangkan dari Arab Saudi sudah mencapai 51.460 orang dari 126 kelompok terbang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 45.370 orang sudah tiba dengan selamat di Tanah Air.

Jemaah yang kembali merupakan gelombang pertama tiba di Arab Saudi. Mereka kembali dari Arab Saudi melalui Bandara King Abdulaziz, Jeddah.

Mereka sebelumnya menjalani ibadah Arbain di Madinah dan kemudian bertolak ke Makkah untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji seperti di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna).

Demikian mengutip data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, Sabtu (24/8/2019) pukul 16.24 WAS.

Jemaah yang sudah diberangkatkan ke Indonesia antara lain berasal dari Batam, Jakarta, Solo, Banjarmasin, Surabaya, Palembang, Lombok, Padang, Ujung Pandang, Medan dan Batam.

OKEZONE/ALDY

Berita Terkait