Selasa, 24 September 2019 | 01:28:15 WIB

Kuasa Hukum: Istri Kivlan Zen Gugat Kapolri

Senin, 2 September 2019 | 22:07 WIB
Kuasa Hukum: Istri Kivlan Zen Gugat Kapolri

Pengacara Dwitularsih, Tonin Tachta. (FOTO: MEDCOM/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Istri Kivlan Zein, Dwitularsih Sukowati melayangkan gugatan praperadilan terhadap Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Gugatan tersebut buntut dari penangkapan suaminya atas kepemilikan senjata api ilegal yang dinilai menyalahi aturan yang ada.
 
Pengacara Dwitularsih, Tonin Tachta mengatakan, gugatan praperadilan diajukan kliennya lantaran tidak menerima surat penangkapan, surat penahan, dan surat penyitaan mobil. Hal tersebut dinilai tidak sesuai dengan Peraturan Kapolri (Perkapolri).
 
"Menerima tembusan atau salinan terhadap penangkapan suaminya, penahanan suaminya, dan penyitaan terhadap mobil Innova, tapi sampai hari ini belum diberikan, jadi itu yang dituntut," ujar Toni di PN Jakarta Selatan, Senin, 2 September 2019.

Tonin menambahkan, jika nantinya hakim mengatakan surat tersebut tidak perlu diberikan kepada keluarga, karena berita penangkapan sudah viral di media massa, lebih baik Perkap dihilangkan.
 
"Jadi ternyata lebih berlaku adalah yang bukan undang-undang, jadi mulai sekarang kita tidak perlu takut pada undang-undang, kan gitu aja ceritanya cukup," tuturnya.
 
Menurut dia, surat tersebut sangat penting untuk istri mantan Kepala Staf Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) itu, sebagai kejelasan status hukum dari suaminya. Dwitularsih, menurutnya sempat dibuat binggung untuk mencari keberadaan Kivlan.
 
"Jadi enggak sempat orang berpikir hukum yang lain, itu aja kita tuntut, keadilan," jelasnya.
 
Sidang kali ketiga ini berlangsung dalam kurun waktu lima menit. Lantaran pihak pemohon meminta agar permohonan dianggap dibacakan.
 
Sementara itu hakim tunggal Toto Ridarto mengatakan sidang gugatan praperadilan selanjutnya akan digelar pada Selasa, 3 September 2019 Sidang akan beragendakan jawaban dari termohon.

MEDCOM

Berita Terkait