Selasa, 24 September 2019 | 01:22:51 WIB

Sejumlah Calon Kepala Daerah Adakan Tes Urine di BNNP Maluku Utara

Senin, 9 September 2019 | 10:55 WIB
Sejumlah Calon Kepala Daerah Adakan Tes Urine di BNNP Maluku Utara

Bakal calon Wali Kota Ternate, Iswan Hasjim menjalani tes urine di BNNP Maluku Utara. (FOTO: SATUMALUKU/LINDO)

TERNATE, LINDO - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara (Malut) intensif melakukan periksaan urine terhadap bakal calon kepala daerah sebagai salah satu persyaratan untuk pendaftaran ke partai pengusung maju di pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 tahun 2020.

Kepala BNNP Malut, Edi Swasono di Ternate, Jumat kemarin, menyatakan sejumlah bakal calon telah melakukan tes urine termasuk Wakil Bupati Halmahera Selatan Iswan Hasjim ST, MT yang berencana maju ke Pilkada Kota Ternate.

Di hari sebelumnya, bakal calon bupati Kepulauan Sula, Hadija Tukuboya juga melakukan pemeriksaan urine dengan hasilnya negatif, selanjutnya M Likur Abdul Latif, balon wakil bupati Halmahera Selatan juga Ir Ikbal Amin, balon wali kota Ternate juga dinyatakan negatif setelah diperiksa urine oleh tim medis BNNP Malut.

Di hari yang sama bakal calon bupati Halmahera Selatan Usman Sidik juga menyambangi BNNP Malut untuk hal yang sama. Usman adalah seorang wirausahawan melakukan tes urine untuk menjadi calon orang nomor satu di Kabupaten Halmahera Selatan dan hasilnya dinyatakan negatif.

Para balon wali kota dan bupati ini setelah tes urine dan dinyatakan negatif mengantongi Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkotika (SHKPN) yang ditandatangani dokter dan Kepala BNNP Malut.

Sementara itu, Iswan yang kini masih menjabat wakil bupati Halmahera Selatan di BNN Provinsi Maluku Utara menyempatkan bertemu dengan Kepala BNN Provinsi Maluku Utara Brigjen Pol Drs Edi Swasono.

Pada pertemuan tersebut Iswan menyampaikan kondisi Halmahera Selatan cukup merisaukan dirinya mengingat sejumlah kasus penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba yang meningkat di wilayahnya.

Oleh karena itu, dalam mengantisipasi hal tersebut, katanya, Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan telah mengeluarkan SK Bupati tentang Tim Terpadu Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba dengan Bupati Halmahera Selatan sebagai ketua Tim.

"Dengan adanya tim terpadu ini, pelaksanaan kegiatan P4GN diharapkan dapat berjalan secara sistematis dan terkoordinasi," tuturnya.

SATUMALUKU

Berita Terkait