Selasa, 24 September 2019 | 01:26:46 WIB

Kemendagri Diminta Bangun Asrama Buat Semua Pelajar

Senin, 9 September 2019 | 23:24 WIB
Kemendagri Diminta Bangun Asrama Buat Semua Pelajar

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto. (FOTO: ANTARA/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto mendorong Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membangun asrama bagi pelajar dari berbagai daerah. Asrama ini diyakini dapat membangun persatuan dan kesatuan pelajar.
 
"Ke depan koordinasi dengan para gubernur, nanti patungan saja tiga provinsi, kalau ini satu kota ada Papua, ada asrama Kalimatan Barat, Sumatera Barat, tiga gubernur bersatu biayai agar ada asrama satu, asrama. Jadi anak-anak bercampur di situ," kata Wiranto di Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Senin, 9 September 2019.
 
Wiranto kurang sepakat dengan konsep asrama yang ada sekarang yakni berdasarkan asal daerahnya masing-masing. Dia menilai konsep asrama itu berpotensi terjadinya konflik.

Ketua Dewan Pembina Hanura itu yakin asrama pelajar dari berbagai daerah tersebut memperkuat hubungan satu sama lain. Sehingga, kata dia, masalah seperti yang terjadi di asrama Papua, Surabaya dapat tangani bersama-sama.
 
Mantan Panglima ABRI itu membeberkan keberadaan asrama berdasarkan daerah marak terjadi di Pulau Jawa, misalnya Malang, Surabaya, Jogja hingga Bandung. Keberadaan asrama ini dianggap tidak selaras dengan sumpah pemuda dalam menyatukan NKRI.
 
"1928 pun sudah berikrak Jong Java Jong Sumatera Jong Maluku sudah berikrar bahwa kita satu tumpah darah tanah air Indonesia. Satu bahasa. Satu bangsa Indonesia," pungkasnya.

MEDCOM

Berita Terkait