Selasa, 24 September 2019 | 01:28:10 WIB

Jokowi Merestui Pemekaran di Papua dan Papua Barat

Selasa, 10 September 2019 | 21:14 WIB
Jokowi Merestui Pemekaran di Papua dan Papua Barat

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) menjawab pertanyaan saat pertemuan dengan sejumlah tokoh Papua di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/9/2019). (FOTO: ANTARA/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Presiden Joko Widodo menyetujui usulan pemekaran wilayah di Papua dan Papua Barat. Usulan disampaikan 61 tokoh adat Papua di Istana Negara.
 
"Mengenai pemekaran jangan banyak-banyak dulu. Iya tapi mungkin sementara tidak lima dulu, mungkin dua atau tiga ya," ujar Jokowi di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 10 September 2019.
 
Jokowi menjelaskan pemekaran wilayah sudah diatur dalam perundang-undangan termasuk tata pelaksanaannya. Tahap pertama Jokowi menyetujui pemekaran di dua wilayah.

"Undang-undang sudah mendukung ke sana, dan saya ingin ada dari bawah usulan itu bukan dari kita," kata dia.
 
Ketua DPRD Kota Jayapura Abisai Rollo, selaku ketua rombongan tokoh Papua, mengusulkan pemekaran lima wilayah yang telah disesuaikan dengan tujuh wilayah adat di Papua dan Papua Barat. Jokowi menjanjikan pemekaran dua wilayah.
 
Abisai enggan memerinci wilayah yang diusulkan. Dia senang meski Jokowi menyetujui dua.
 
"Kami sampaikan terima kasih. Kita akan pulang dan sampaikan ke warga Papua agar bersatu untuk Papua," kata Abisai.
 
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto menyebut Presiden akan melakukan kajian untuk meramu kebijakan pemekaran di wilayah Papua dan Papua Barat.
 
"Jangan tanya sekarang. Itu semua kan baru masukan. Presiden menampung masukan itu, beberapa memang langsung beliau jawab. Kita lihat nanti," tegas dia.

MEDCOM

Berita Terkait