Selasa, 24 September 2019 | 01:20:20 WIB

Mulai Tahun 2020 Truk Bermuatan Berlebih Haram Masuk Tol

Selasa, 10 September 2019 | 21:37 WIB
Mulai Tahun 2020 Truk Bermuatan Berlebih Haram Masuk Tol

Petugas Traffic Accident Analysis (TAA) Polda Jabar mengolah TKP kecelakaan beruntun di KM 91 Tol Cipularang, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa, 3 September 2019. (FOTO: ANTARA/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal mengharamkan truk bermuatan berlebih masuk ke dalam jalan tol. Hal ini menjadi salah satu cara untuk mencegah kecelakaan maut di Tol Cikampek–Purwakarta–Padalarang (Cipularang), Jawa Barat, terulang.
 
"Pertama meningkatkan dan mengoptimalkan pengawasan dump truck di jalan tol," kata Direktorat Jenderal Hubungan Darat Budi Setiyadi di Gedung Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa, 10 September 2019.
 
Budi menyebut Kemenhub bakal menggandeng kepolisian. Kerja sama itu bakal dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU) yang rencananya ditandatangani pada Rabu, 18 September 2019, atau Kamis, 19 September 2019.

Selain kepolisian, kata Budi, Kemenhub akan bekerja sama dengan Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT). Dia mengatakan BPJT sepakat agar kendaraan bermuatan lebih tidak boleh masuk jalan tol.
 
"Paling lambat di awal 2020 jalan tol tidak akan dipakai kendaraan yang dimensi atau muatannya berlebih," tegas Budi.
 
Pihaknya juga akan bertemu dengan berbagai pihak berkepentingan. Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Refdi Andri, BPJT, Bina Marga, dan operator dump truck akan berembuk mencari solusi masalah ini.
 
"Kita akan komitmen bersama mulai menegakkan hukum tegas pada truk overdimensi utamanya dump truck," tutur Budi.
 
Kecelakaan maut terjadi di KM 89 hingga KM 91 Tol Cipularang pada pukul 13.00 WIB, Senin, 2 September 2019. Sebanyak 21 kendaraan terlibat dalam kecelakaan tersebut yang terdiri dari truk, bus, hingga kendaraan pribadi.
 
Delapan orang tewas dalam insiden itu. Pengemudi dump truck,S dan DH, ditetapkan jadi tersangka. Namun, penetapan tersangka DH gugur secara hukum karena meninggal saat kecelakaan terjadi.

MEDCOM

Berita Terkait