Senin, 23 September 2019 | 21:06:58 WIB

Melalui LDKS, SMP Hang Tuah 5 Sidoarjo Kuatkan Karakter Siswa

Rabu, 11 September 2019 | 16:07 WIB
Melalui LDKS, SMP Hang Tuah 5 Sidoarjo Kuatkan Karakter Siswa

(FOTO : YHT/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Sebanyak 61 (enam puluh satu) siswa - siswi pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Polisi Siswa (Polsis) SMP Hang Tuah 5 Sidoarjo, mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) bagi Pengurus OSIS dan Polisi Siswa Tahun Pelajaran (TP) 2019/2020, di  Narwestu Claket Pacet, Mojokerto, Jawa Timur (Jatim), Rabu (11/9). 

LDKS ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan berbagai nilai positif dalam diri siswa.  Adapun materi yang akan di sampaikan oleh 14 guru yang mendampingi kegiatan selama satu hari satu malam ini, antara lain Leadership, Keorganisasian, Administrasi Kesekretariatan (pembuatan proposal), Public Speaking, renungan suci, Peraturan baris – berbaris dan materi lainnya.

Kepala Sekolah SMP HangTuah 5 Sidoarjo Sumiyati, S.Pd, secara resmi melepas keberangkatan siswa yang akan melaksanakan LDKS dalam sebuah upacara sederhana di halaman sekolah.

“Kepada calon pengurus Osis dan Polsis, agar mengikuti seluruh program/latihan yang telah di tentukan oleh para Guru/Pembina LDKS, karena kesemuanya akan menjadi bekal dalam melaksanakan tugas di sekolah yang akan datang,” ujar Sumiyati.

Sementara itu, Ketua Panitia LDKS 2019/2020 Lukmanul Khakim, S.Pd menyampaikan, ada nilai-nilai yang nanti didapat setelah satu hari mengikuti kegiatan ini, seperti karakter kepemimpinan, disiplin, kerjasama, cinta tanah air, semangat belajar, kepekaan sosial.  Selain itu, kegiatan juga diarahkan untuk membentuk karakter siswa sesuai dengan bidang nya masing-masing di OSIS, dan Polsis. 

Heige Kris Susetya dan Sista Zazina dua siswa kelas VIII B yang menonjol dalam mengikuti LDKSD,   mengaku senang meskipun agak sedikit lelah dalam mengikuti  seluruh rangkaian kegiatannya.

“kegiatan ini dapat  membina mental sehingga bisa menjadi pribadi yang mampu berkomunikasi didepan orang banyak dan lebih percaya diri,” tuturnya.  (ARMAN R)

Berita Terkait