Senin, 14 Oktober 2019 | 06:10:16 WIB

Menlu Retno Terkesan Sikap Selalu Optimis dari Habibie

Rabu, 11 September 2019 | 23:11 WIB
Menlu Retno Terkesan Sikap Selalu Optimis dari Habibie

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. (FOTO: MEDCOM/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengenang momen-momen dirinya bersama Presiden RI ketiga BJ Habibie yang baru saja wafat hari ini, pukul 18.05 WIB.
 
Retno yang sudah cukup lama kenal dengan keluarga Habibie, mengaku terkesima dengan sosok Habibie yang selalu optimitis dan positif dalam menceritakan segala sesuatu.
 
“Interaksi paling sering pada saat saya menjadi Dubes RI untuk Belanda, beliau sering melakukan kunjungan baik dalam perjalanan menuju Jerman atau memang berkunjung ke Belanda,” kata Retno ketika ditemui di Menara Bidakara, Jakarta, Rabu 11 September 2019.

Retno menuturkan, dirinya kerap menemani Habibie saat beliau berkunjung dan mendengarkan cerita-cerita beliau yang selalu positif.
 
“Kemudian setelah saya diberi tanggung jawab sebagai Menlu RI, saya beberapa kali sowan ke rumah untuk sekali lagi berbicara banyak mengenai banyak hal termasuk di antaranya isu politik luar negeri,” ungkapnya.
 
Bahkan, ucap dia, ketika Habibie sempat sakit dan dirawat di Jerman, dirinya sempat melakukan komunikasi via telepon.
 
“Pada saat beliau masuk rumah sakit saya sempat berkomunikasi dengan putranya, Ilham Habibie,” ujar Retno.
 
Retno juga menyampaikan duka cita mendalam atas wafatnya Habibie. Malam ini juga, Retno segera menyambangi rumah duka yang berlokasi di Patra Kuningan.
 
“Bangsa Indonesia kehilangan salah satu putra terbaik, kehilangan seorang negarawan, kehilangan seorang bapak bangsa BJ Habibie,” pungkas dia.

MEDCOM

Berita Terkait