Sabtu, 07 Desember 2019 | 16:32:11 WIB

Kontingen Mabesad Juara Umum Kejurnas Karate Piala Panglima TNI 2019

Senin, 16 September 2019 | 22:37 WIB
Kontingen Mabesad Juara Umum Kejurnas Karate Piala Panglima TNI 2019

(FOTO : DISPENAD/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kontingen Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) meraih Juara Umum pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate Piala Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) VII tahun 2019 yang berlangsung pada 13-16 September 2019, di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur. 

Hal demikian disampaikan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya dalam keterangan rilisnya di Jakarta, Senin (16/9).

Dijelaskan Candra bahwa dalam Kejurnas ini, kontingen Mabesad berjumlah 36 orang dengan Komandan Kontingen Brigjen TNI M. Munib S.I.P.,  yang sehari-hari menjabat sebagai Direktur Zeni Angkatan Darat  (Dirziad).
"Kontingen Mabesad berhasil meraih 11 medali emas, 7 perak, dan 6 perunggu," ungkap Brigjen TNI Candra Wijaya.

Dengan capaian medali tersebut lanjutnya, maka menempatkan kontingen Mabesad sebagai peringkat pertama sekaligus mempertahankan posisinya sebagai Juara Umum Kejurnas Karate Piala Panglima TNI VII tahun 2019 dan berhak kembali memboyong Piala Bergilir Panglima TNI yang dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (Hut) ke - 74 TNI pada 5 Oktober 2019 mendatang. 

Disamping itu, kontingen Mabesad juga berhasil menjuarai kategori Best of The Best putra dan putri khusus TNI, yang diraih oleh Sertu Maruli Butar Butar (putra) dan Serda (K) Mona Ramozana (putri).

Untuk posisi kedua ditempati oleh Kopassus dengan perolehan medali 3 emas, 1 perak dan 6 perunggu. Sementara posisi ketiga ditempati Mabes TNI AU  dengan perolehan medali 2 emas dan 1 perunggu.

Seperti diketahui bahwa  Kejurnas Karate Piala Panglima TNI VII tahun 2019 ini diselenggarakan oleh Komite Olahraga Militer Indonesia (KOMI).

Sebanyak 1.066 atlet  ambil bagian dalam Kejurnas ini, yang  terdiri atas 402 atlet TNI-Polri (334 putra dan 68 putri) dan 664 atlet umum (373 putra dan 291 putri). TNI-Polri menurunkan 33 kontingen, sedangkan perguruan dan Pengprov Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) sebanyak 45 kontingen.

Sedangkan kategori kelas yang dipertandingkan pada kejuaraan ini ada 2 kategori, yakni kategori TNI-Polri mempertandingkan Kata dan Kumite (perorangan dan beregu) untuk kelas senior putra dan kelas senior putri. Sedangkan kategori umum (PB/PP Perguruan dan Pengprov FORKI) kelas junior, cadet, dan under-21 mempertandingkan Kata dan Kumite perorangan untuk putra dan putri. (ARMAN R)

Berita Terkait