Rabu, 16 Oktober 2019 | 04:49:46 WIB

Taruna AAL Laksanakan Paparan Latihan Kepemimpinan III

Jum'at, 20 September 2019 | 20:28 WIB
Taruna AAL Laksanakan Paparan Latihan Kepemimpinan III

(FOTO : PENAAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) melaksanakan paparan tentang permasalahan-permasalahan masyarakat pesisir pantai pada kegiatan Latihan Kepemimpinan III Taruna Tingkat IV Angkatan ke-65 Tahun Anggaran (TA) 2019 yang dilaksanakan Departemen Kepemimpinan AAL, di gedung Mandala, Bumimoro AAL, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (19/9).

Pelaksanaan paparan yang dipimpin Kepala Departemen Kepemimpinan (Kadeppim) AAL Kolonel Marinir Muharam Ahmad Fauzi, S.E., M.M. didampingi Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Letkol Laut (KH) Drs. Heri Purwanto, M.Pd. ini, dalam pelaksanaan Taruna dan Taruni AAL memaparkan materi didepan para penguji yang berasal dari personel Departemen Kepemimpinan AAL.

Selama pelaksanan paparan, mereka membahas beberapa permasalahan yang sering dialami oleh masyarakat pesisir, diantaranya masalah Ekonomi, masalah pelanggaran hukum, masalah banjir Rob akibat air laut pasang, masalah hutan manggrove, masalah keamanan pantai, masalah polusi, masalah pemberdayaan masyarakat pesisir dan beberapa permasalahan lain yang dapat menghambat tingkat kesejahteraan yang terjadi pada masyarakat pesisir, khususnya di wilayah Jawa Timur.

Sebelumnya, pada hari pertama latihan pada 17 September 2019 di Auditorium AAL Bumimoro Surabaya, Taruna AAL juga telah menerima beberapa pembekalan dari masyarakat pantai, pembekalan tata cara penulisan dinas dan tes melaksanakan peran dalam organisasi yang sesuai dengan kepribadian dari masing-masing peserta.

Begitu pula, pada hari kedua latihan pada tanggal 18 September 2019 latihan kepemimpinan, Taruna AAL juga telah melaksanakan survey penelitian di desa Gisik Cemandi, Sedati, Sidoarjo, guna memperoleh data-data sebagai bahan informasi dan masukan pemecahan masalah bagi kebutuhan organisasi.

Pelaksanaan latihan kepemimpinan yang berlangsung selama Tiga hari, dari tanggal 17 sampai dengan 19 September 2019 ini, bertujuan untuk membekali Taruna dan Taruni AAL sesuai dengan mata kuliah Latihan Kepemimpinan III, sehingga Taruna akan memiliki ketrampilan tentang pengembangan karakter dan jiwa memimpin serta mengaplikasikan dalam kedinasan, yaitu melaksanakan tugas sebagai Asisten Kepala Divisi dan jabatan yang setingkat di KRI atau sebagai Komandan Peleton Marinir serta mampu mengembangkan pribadi sebagai pemimpin Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL). Sedangkan sasaran latihan, saat selesai latihan Taruna AAL akan mampu menguasai sikap kepemimpinan, kepercayaan diri, motivasi keberanian, loyalitas dan kerjasama kelompok secara baik dan benar. (ARMAN R)

Berita Terkait