Senin, 14 Oktober 2019 | 06:08:18 WIB

Tidak Perlu Repot Ke Jakarta, Mahasiswa Bisa Sampaikan Aspirasi Di Daerah Masing-masing

Rabu, 25 September 2019 | 19:50 WIB
Tidak Perlu Repot Ke Jakarta, Mahasiswa Bisa Sampaikan Aspirasi Di Daerah Masing-masing

JAKARTA, LINDO - Kepolisian menghimbau mahasiswa yang hendak berunjuk rasa tidak perlu datang ke DKI Jakarta dan cukup menggelar aksi di wilayahnya masing-masing. 

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Polisi Dedi Prasetyo mengatakan, himbauan tersebut untuk antisipasi aksi ditunggangi oleh oknum tidak bertanggung jawab. 

"Terus dihimbau karena khawatir dimanfaatkan pihak tertentu yang menghendaki demo rusuh dan anarkis. Silakan menyampaikan aspirasinya di wilayah masing-masing," ujar Brigjen Polisi Dedi Prasetyo, Selasa (24/9).

Namun Dedi membantah telah dilakukan penyekatan di setiap perbatasan menuju Jakarta. Dia mengklaim hanya dilakukan penjagaan. "Enggak ada penjagaan-penjagaan, hanya monitoring-monitoring saja," jelasnya. 

Sementara itu, Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Irjen Ahmad Dofiri, menghimbau mahasiswa di Yogyakarta tidak mengikuti aksi di gedung MPR/DPR, Jakarta. Sebab, para mahasiswa telah melakukan aksi damai di simpang tiga Colombo, Jalan Affandi (Gejayan) kemarin.

"Kemarin khan sudah menyampaikan aspirasinya, ya. Lalu kami himbau cukup, karena banyak juga aspirasinya yang sudah disampaikan (kemarin)," ujarnya saat ditemui di Rumah Sakit UII, Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul, Selasa (24/9).

Berkaca dari hal tersebut, Dofiri meminta mahasiswa yang berkuliah di Yogyakarta tidak datang ke Jakarta. Sebab, aksi damai kemarin sudah mewakili aspirasi teman-teman mahasiswa yang melakukan aksi di Jakarta. "Jadi saya harapkan, karena sudah juga melakukan kegiatan di Jogja, cukup untuk menyuarakan aspirasi di sini saja," katanya. (ARMAN R)

Berita Terkait