Senin, 14 Oktober 2019 | 06:33:38 WIB

Koorsahli Kasal Pimpin Upacara Peringatan Hut Ke-74 TNI Di Mabesal

Sabtu, 5 Oktober 2019 | 16:08 WIB
Koorsahli Kasal Pimpin Upacara Peringatan Hut Ke-74 TNI Di Mabesal

(FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kasal Laksda TNI Anwar Saadi, S.H., selaku Inspektur Upacara (Irup), memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (Hut) ke-74 Tentara Nasional Indonesia (TNI), di Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu, (5/10).

Upacara yang dilaksanakan di lapangan apel Mabesal, Cilangkap tersebut dilaksanakan secara sederhana namun khidmat, dan diikuti oleh seluruh personel Mabesal, baik militer maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI AL (Angkatan Laut) yang berdinas di jajaran Mabesal. Upacara peringatan Hut ke-74 TNI secara serentak juga digelar oleh satuan-satuan TNI di seluruh Indonesia.

Dalam amanatnya Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., yang dibacakan oleh Koorsahli Kasal, menyampaikan rasa bangga kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI yang telah menunjukkan profesionalitasnya dalam melaksanakan setiap tugas yang telah dipercayakan rakyat, bangsa dan negara.

“Saya yakin keluarga dan seluruh rakyat Indonesia juga bangga terhadap profesionalitas TNI-nya. Hal itu harus disyukuri sekaligus menjadi cambuk bagi kita semua untuk berbuat lebih baik lagi,” ujar Panglima TNI. Oleh karena itulah lanjutnya, tema pokok pada kegiatan Hut ke-74 ini adalah “TNI Profesional Kebanggaan Rakyat”.

Menurutnya, sebagai alat negara, tugas TNI tidak terlepas dari perubahan lingkungan strategis yang berkembang dinamis dan semakin kompleks. Perkembangan dunia telah menciptakan dimensi dan metode peperangan baru.

Kemajuan teknologi kata Panglima TNI, yang sangat berguna bagi kehidupan manusia, juga membawa dampak disruptif di berbagai bidang. Hal ini telah menjadikan konsep peperangan menjadi tidak lagi terbatas dalam suatu batas teritorial dan masuk ke berbagai dimensi. Sebagai contoh perang siber yang disertai perang informasi, walaupun tidak menghancurkan, namun sangat merusak bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Diakhir amanatnya, Panglima TNI menyampaikan, dalam melaksanakan tugas pokoknya, TNI harus bahu-membahu dan bersinergi dengan berbagai komponen bangsa lainnya. Berbagai kekuatan yang bersatu itu akan menghasilkan energi yang luar biasa bagi kemajuan bangsa.

Dalam waktu yang hampir bersamaan telah dilaksanakan pula acara puncak peringatan Hut ke-74 TNI dengan Inspektur Upacara (Irup) Presiden RI Ir. Joko Widodo yang digelar di Taxy Way Echo Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Selain Presiden Jokowi, juga dihadiri Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., beserta Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., dan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M. (ARMAN R)

 

Berita Terkait