Senin, 14 Oktober 2019 | 06:15:22 WIB

Delapan Negara Ikuti Kursus Inter-Agency Operational Planning Concept di PMPP TNI

Senin, 7 Oktober 2019 | 17:02 WIB
Delapan Negara Ikuti Kursus Inter-Agency Operational Planning Concept  di PMPP TNI

Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI Brigjen TNI Victor H. Simatupang M.Bus., diwakili Direktur Kerjasama Internasional dan Informasi PMPP TNI Kolonel Adm Victor George membuka kursus Inter-Agency Operational Planning Concepts (IAOPC) yang diikuti oleh 35 peserta dari delapan negara, bertempat di Auditorium PMPP TNI, Sentul, Bogor, Senin (7/10/19).

 

Pada kesempatan itu, Dan PMMP TNI dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kolonel Adm Victor George menyambut delegasi Kanada selaku co-host IAOPC dan juga seluruh peserta kursus dari negara-negara lain.

 

"Kami senang dan merasa terhormat menjadi tuan rumah kursus Konsep Perencanaan Operasional Antar Lembaga tahun 2019 dan selamat datang di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian TNI, Sentul, Bogor, Indonesia", katanya.

 

Menurutnya, kursus selama lima hari ke depan bermanfaat dalam berbagi pengetahuan dan keterampilan untuk menyusun perencanaan dan pelaksanaan operasi bersama dan gabungan di tingkat operasional. Peserta juga diperkenalkan untuk menghasilkan desain operasional dan tindakan (COA) untuk operasi di lingkungan operasi kontemporer.

           

"Jadi, kursus ini diharapkan menjadi forum yang sangat baik untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan melalui latihan yang terintegrasi dengan baik", ujarnya.

 

"Begitu juga dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat dan menyatukan negara-negara untuk memperkuat hubungan dalam Konsep Perencanaan Operasional Antar Lembaga", harapnya.

 

Sementara itu Atase Pertahanan Kanada Untuk Indonesia Kolonel Andrew Cleveland mengucapkan terimakasih atas partisipasi peserta kursus IAOPC.

 

"Kami dari penyelenggara mengucapkan terimakasih pada peserta kursus dari Indonesia, Afganistan, banglades, malaysia Mongolia, Nepal, Pakistan, Thailand. Selamat datang di PMPP TNI", pungkasnya.

 

Selanjutnya dikatakan bahwa kursus IAOPC bertujuan untuk mempererat hubungan antar negara kawasan serta meningkatkan pengetahuan tentang HAM, operasi gabungan pada level operasional dan pembuatan rencana operasi.

 

"Penyelenggaraan kursus ini merupakan suatu kebutuhan dan permintaan negara-negara di kawasan" tuturnya.

 

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya, DMTC Canada staff Major James, para staff pengajar Col ret Eric, Mr. David, Mr Mike, Mr. Kevin.

Berita Terkait