Senin, 14 Oktober 2019 | 06:44:34 WIB

Kasal Hadiri Pemecahan Rekor MURI Tanam 300.074 Pohon Mangrove Di Seluruh Indonesia

Senin, 7 Oktober 2019 | 19:54 WIB
Kasal Hadiri Pemecahan Rekor MURI Tanam 300.074 Pohon Mangrove Di Seluruh Indonesia

(FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E mendampingi Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P,, menghadiri kegiatan Pemecahan Rekor MURI penanaman 300.074 bibit Mangrove serentak dari 74 titik lokasi satuan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) di seluruh Indonesia. Kegiatan ini dipusatkan dari Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, Senin (7/10).

Pelaksana kegiatan ini adalah TNI AL, dalam hal ini Staf Pembinaan Potensi Maritim (Spotmar) Angkatan Laut, dan Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Dispotmar).  Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam pelestarian dan peremajaan kembali hutan mangrove di wilayah pesisir dan pulau-pulau. Selain itu, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk mewujudkan pemberdayaan wilayah pertahanan laut, dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

Dalam kesempatan ini, Panglima TNI menyampaikan, hutan Mangrove merupakan bagian penting dari ekosistem pesisir pantai yang menjadi habitat bagi berbagai biota laut dan menurunkan emisi gas rumah kaca, Mangrove juga melindungi garis pantai dari abrasi.  “Hutan Mangrove selain mampu melindungi kawasan pantai juga mampu menghidupi ekosistem di sekitarnya,” terang Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto.

Menurutnya,  Mangrove memiliki filosofi yaitu tumbuhan yang memiliki akar kuat dan saling terhubung antara tumbuhan induk satu dengan tumbuhan induk lainnya, membentuk jalinan dan rumpun akar yang mampu menahan ombak sehingga kawasan pesisir terhindar dari bahaya erosi.

“Mangrove menunjukkan simbolisasi bahwa bila kita bersatu padu antar komponen bangsa, saling bahu membahu dan bergandengan tangan, akan membentuk ketahanan nasional yang tangguh dalam membangun bangsa dan melindungi segenap bangsa dari berbagai macam ancaman dan tantangan,” jelas Panglima TNI.

Pada kesempatan ini, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengapresiasi dan menghargai kepedulian TNI AL terhadap lingkungan maritime karena telah  menunjukkan bahwa pembinaan potensi maritim dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan laut semakin kuat.

Usai pelaksanaan penanaman pohon serentak, Panglima TNI didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto, secara simbolis menerima Piagam MURI atas pemecahan rekor baru penanaman Mangrove, yang diserahkan oleh Senior Manager MURI Yusuf Ngadri. Selanjutnya, pada kesempatan ini, Panglima TNI juga melaksanakan video conference dengan satuan-satuan TNI AL yang melaksanakan penanaman Mangrove di seluruh Indonesia.

Pada  kesempatan ini, selain  Kasal  yang didampingi  Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji., juga hadir Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., didampingi Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ny. Ayu Yuyu Sutisna dan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letnan Jenderal (Letjen) TNI Tatang Sulaiman, serta para pejabat terkait lainnya.  (ARMAN R)

Berita Terkait