Selasa, 12 November 2019 | 10:12:49 WIB

Prof. Ralf Emmers Beri Kuliah Umum Kepada Pasis Dikreg Seskoal

Jum'at, 18 Oktober 2019 | 07:48 WIB
Prof. Ralf Emmers Beri Kuliah Umum Kepada Pasis Dikreg Seskoal

(FOTO : BAGPENSESKOAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Perwira Mahasiswa Pendidikan Reguler (Pasis Dikreg)  Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-57 dan seluruh anggota Seskoal, mengikuti Kuliah Umum dari Professor (Prof.) Dr. Ralf Emmers, Dekan S. Rajaratnam School of International Studies (RSIS), di Kelas Gabungan Gedung Samadikun Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan, Kamis (17/10).

Professor Dr. Ralf Emmers didampingi Ms. Chan Git Yin, Senior Fellow RSIS diterima langsung Komandan Seskoal Laksda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD. dan Pejabat Utama Seskoal, di Plaza Dharma Wiratama untuk melaksanakan foto bersama dan penyampaian program-program Seskoal saat ini diruang transit sebelum pelaksanaan kuliah Umum kepada para Perwira Mahasiswa Dikreg Seskoal dan Anggota Seskoal.

Dalam penyampaian kuliah umum tersebut, Professor Dr. Ralf Emmers mengambil tema “Great Power Competition in the Asia-Pacific and the South China Sea Dispute” atau “Kompetisi Kekuatan Besar di Asia-Pasifik dan Sengketa Laut Cina Selatan”. Geopolitik internasional Asia Pasifik saat ini didorong oleh persaingan kekuatan besar karena meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat, Cina, Jepang, India, dan Rusia.

Menurutnya, sengketa Laut Cina Selatan adalah bagian dari persaingan China-AS yang telah dimiliterisasi. Meskipun risiko konflik di Laut Cina Selatan masih kecil, namun apabila terjadi kesalahan perhitungan atau kecelakaan dapat menyebabkan bentrokan terbatas senjata. Untuk itu, tantangan jangka panjang adalah mencegah meningkatnya kekuatan besar persaingan di Asia Tenggara. (ARMAN R)

Berita Terkait