Selasa, 12 November 2019 | 09:52:23 WIB

Prabowo Memenuhi Undangan Jokowi di Istana

Selasa, 22 Oktober 2019 | 08:51 WIB
Prabowo Memenuhi Undangan Jokowi di Istana

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Wakil Ketum Partai Gerindra Edhy Prabowo. (FOTO: MI/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo tiba di Istana Kepresidenan, Senin, 21 Oktober 2019. Mereka tiba sekitar pukul 16.10 WIB.
 
Prabowo dan Edhy kompak mengenakan kemeja putih lengan panjang dan celana krem. Keduanya masuk dikawal ajudan.
 
Prabowo dan Edhy tak bicara sepatah kata pun. Mereka sempat melambaikan tangan kepada pewarta sebelum masuk ke dalam Istana Kepresidenan.

Kehadiran Prabowo dan Edhy disinyalir berhubungan dengan posisi menteri di Kabinet Jokowi-Ma'ruf. Karena, Jokowi telah memanggil 10 kandidat menteri sejak pagi.
 
Mereka ialah eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, eks Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir, Komisaris NET TV Wishnutama, dan pendiri GoJek Nadiem Makarim. Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Bupati Minahasa Selatan Christiany Euginia Tetty Paruntu, mantan Rektor UGM Pratikno, Komisaris Utama Adhi Karya Fadjroel Rachman, dan mantan Staf Khusus Presiden Nico Harjanto juga dipanggil.
 
Ketua Umum Kelompok Relawan Jokowi Mania Imannuel Ebenezer menyebut Presiden Joko Widodo hanya menerima Partai Gerindra ke dalam koalisi pemerintah. Menurut Immanuel, Jokowi tak ingin merusak iklim demokrasi karena mengakomodasi semua permintaan partai oposisi.
 
"Presiden menegaskan bahwa Gerindra masuk (koalisi)," kata Imannuel usai bertemu Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2019.
 
Sebelumnya, tiga partai oposisi disinyalir merapat ke koalisi pemerintah. Tiga partai itu ialah Gerindra, PAN, dan Demokrat.
 
Isyarat tersebut ditandai pertemuan ketua umum masing-masing partai dengan Jokowi beberapa hari terakhir. Sebelumnya, Jokowi bertemu Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada Kamis, 10 Oktober 2019.
 
Selang sehari, giliran Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang menemui Jokowi di Istana. Kemudian giliran Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang sowan ke Istana Merdeka pada Senin, 14 Oktober 2019.
 
Kehadiran ketiga ketua umum partai oposisi itu mengisyaratkan pemerintah bakal merangkul ketiganya dalam koalisi. Apalagi, usai Pemilu 2019, tanda-tanda ketiga partai itu bergabung dengan pemerintah sudah tampak sangat jelas.
 
Jokowi dalam konferensi pers bersama Prabowo di Istana Merdeka, Jakarta, 11 Oktober 2019, juga mengisyaratkan hal serupa. "Kami berbicara banyak mengenai kemungkinan Gerindra masuk ke koalisi. Belum final," kata Jokowi.

MEDCOM

Berita Terkait