Selasa, 19 November 2019 | 02:08:06 WIB

Presiden Jokowi Panggil 12 Calon Wakil Menteri ke Istana

Sabtu, 26 Oktober 2019 | 12:13 WIB
Presiden Jokowi Panggil 12 Calon Wakil Menteri ke Istana

Ketua Umum Relawan Projo Budi Arie Setiadi saat tiba di Istana Kepresidenan, Jumat, 25 Oktober 2019. (FOTO: MEDCOM/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Presiden Joko Widodo memanggil 12 calon wakil menteri. Pelantikan dilaksanakan Jumat siang, 25 Oktober 2019.
 
Pantauan media ini, belasan calon wakil menteri mulai tiba di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, sekitar pukul 08.30 WIB. Mereka kompak mengenakan kemeja putih lengan panjang.
 
Direktur Inalum Budi Gunadi Sadikin merupakan calon wakil menteri pertama yang hadir. Budi tak banyak bicara soal pemanggilannya. Ia tak mengetahui apa yang akan dibicarakan dengan Jokowi.

Setelah Budi, giliran mantan Bendahara Umum Tim Kampanye Nasional Sakti Wahyu Trenggono tiba di Istana Kepresidenan. Budi juga tak banyak bicara mengenai kedatangannya.
 
Dua tokoh itu disusul politikus PPP Zainut Tauhid, politikus Partai Perindo Angela Tanoesoedibjo, politikus PSI Surya Chandra. Mantan Bupati Jayawijaya Wempi Watimpo juga terlihat datang ke Istana.
 
"Baru kemarin dipanggil," kata Wempi sebelum masuk.
 
12 Calon Wakil Menteri Merapat ke Istana
Mantan Bupati Jayawijaya Wempi Watimpo menjadi salah satu calon wakil menteri yang tiba di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 25 Oktober 2019. (Foto: Medcom/Lindo)
 
Selain itu, ada pula Dirut Bank Mandiri Kartika Wiryoatmojo, mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Mahendra Siregar, pejabat Badan Restorasi Gambut Alue Dohong, Ketua Umum Relawan Projo Budi Arie Setiadi, Politikus Partai Golkar Jerry Sambuaga, dan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Suahasil Nazara.
 
Jokowi sebelumnya memastikan bakal ada wakil menteri. Para wamen berisi dari kalangan profesional dan partai politik.
 
"Jadi, sebetulnya sudah selesai wamen ini. Ada yang dari partai, ada yang dari profesional," kata Jokowi saat berdialog dengan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 24 Oktober 2019.
 
Jokowi tak mau membeberkan jumlah wakil menteri yang bakal dipilih. Ia hanya memastikan akan ada wakil menteri yang berasal dari Papua. Jokowi juga menegaskan para wakil menteri memiliki kompetensi yang mendukung kerja menteri Kabinet Indonesia Maju.

MEDCOM

Berita Terkait