Selasa, 19 November 2019 | 01:31:16 WIB

Presiden Tunjuk 12 Wakil Menteri, PAN Singgung Rencana Pemangkasan Eselon 3 dan 4

Sabtu, 26 Oktober 2019 | 12:52 WIB
Presiden Tunjuk 12 Wakil Menteri, PAN Singgung Rencana Pemangkasan Eselon 3 dan 4

Presiden Joko Widodo (kanan) memberikan selamat kepada wakil-wakil menteri Kabinet Indonesia Maju usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (25/10/2019). (FOTO: TEMPO/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjuk 12 wakil menteri (Wamen) untuk Kabinet Indonesia Maju. Wasekjen Partai Amanat Nasional (PAN), Saleh Partaonan Daulay, menyoroti langkah Jokowi tersebut.

Menurutnya, posisi 12 wamen itu tidak sejalan dengan gagasan Jokowi memangkas Aparatur Sipil Negara (ASN) eselon 3 dan 4.

"Jadi nanti akan disisakan hanya eselon 1 dan 2. itu sebetulnya satu langkah yang progresif dan saya kira perlu dicoba," kata Saleh di Jakarta, 26 Oktober 2019.

"Tapi pada sisi yang lain kita mendengar ada 12 yang sedang diperkenalkan di Istana untuk menjadi wakil menteri. Pertanyaannya apakah ini tidak bertentangan atau kontradiktif dengan gagasan Presiden untuk memangkas birokrasi di pemerintahan itu tadi," sambungnya.

Saleh menjelaskan, di kementerian, para menteri sudah dibantu oleh Direktur Jenderal, sehingga tidak perlu lagi ada wakil menteri. Tugas Dirjen, lanjutnya sudah setara dengan wamen.

"Dirjen-dirjen ini adalah pembantu menteri. Artinya sudah ada yang membantu di dalam itu. Nah sekarang ditaruh lagi wakil menteri yang tugasnya juga kelihatannya untuk membantu melancarkan tugas menteri. Nah nanti bagaimana ini job descriptionnya," ungkapnya.

Saleh menambahkan, jabatan wamen juga tidak diatur dalam APBN tahun 2020. Karena itu ia bingung darimana alokasi anggaran untuk wamen.

"Dalam pembahasan anggaran untuk APBN 2020 saya tidak menemukan ada nomenklatur anggaran untuk wakil menteri itu. Jadi tidak ada anggarannya yang dibahas. Persoalannya nanti anggaran in dari mana," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin memperkenalkan 12 figur yang ia angkat untuk mengisi jabatan wakil menteri (wamen) di sejumlah kementerian. Pengenalan para wakil menteri ini dilangsungkan di veranda Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, 25 Oktober 2019.

Pada pagi harinya, Presiden Jokowi telah bertemu dengan seluruh calon wakil menteri satu per satu. Nantinya, kata Presiden, para wakil menteri ini akan memberikan dukungan pada tugas-tugas menterinya.

“Menurut saya, profilnya sangat bagus dalam rangka memperkuat Kabinet Indonesia Maju,” imbuhnya.

Presiden Jokowi kemudian memanggil satu per satu dan mengenalkan para wakil menteri, yaitu:

1. Mahendra Siregar sebagai Wakil Menteri Luar Negeri;
2. Sakti Wahyu Trenggono sebagai Wakil Menteri Pertahanan;
3. Zainut Tauhid Sa’adi sebagai Wakil Menteri Agama;
4. Suahasil Nazara sebagai Wakil Menteri Keuangan;
5. Jerry Sambuaga sebagai Wakil Menteri Perdagangan;
6. Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat;
7. Aloe Dohong sebagai Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan;
8. Budi Arie Setiadi sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi;
9. Surya Tjandra sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional;
10. Budi Gunadi Sadikin sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara I;
11. Kartika Wirjoatmodjo sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara II;
12. Angela Herliani Tanoesoedibjo sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Usai dikenalkan, para wakil menteri menuju Istana Negara untuk kemudian dilantik oleh Presiden Joko Widodo.


MERDEKA/AAD

Berita Terkait