Sabtu, 07 Desember 2019 | 14:31:14 WIB

Basarnas Lanud Atang Sendjaja Evakuasi Korban Tenggelam Di Teluk Bengkunat

Kamis, 14 November 2019 | 06:13 WIB
Basarnas Lanud Atang Sendjaja Evakuasi Korban Tenggelam Di Teluk Bengkunat

(FOTO : PENLANUDATS/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Tim Basarnas Pangkalan Udara (Lanud) Atang Sendjaja (Ats) melaksanakan operasi evakuasi jenazah korban yang hilang, di perairan Teluk Bengkunat Pekon Kota Jawa, Kecamatan Bengkunat, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, Selasa (12/11). 

Dalam misi Medevac, tiga Warga Negara Asing (WNA) yang di Selat Sunda, ditemukan salah satunya oleh nelayan di daerah Bengkunat. Sekitar pukul 10.30 WIB,  crew Basarnas yang standby di Lanud Ats, berangkat untuk melakukan penjemputan jenazah di daerah tersebut dan diantar ke Bandara Halim Perdanakusuma. 

Komandan Wing 4 Lanud Ats Kolonel Pnb Muzafar, memerintahkan dan mempercayakan tugas Medevac kepada  Kapten Pilot Letkol Pnb Ahmad Mauludin Mulyono dan Pilot Lettu Pnb Tito beserta 3 Crew. Dengan Pesawat AW-139 tail Number HR-1301 untuk melaksanakan evakuasi korban. 

“Pukul 12.00 WIB kami berangkat dari Lanud Ats menuju Lampung untuk refuel dan kordinasi sama personel setempat. Pukul 13.30 WIb kami menuju Bengkunat dari Bandara Reden Inten dan langsung menggelar perlengkapan untuk evakuasi korban,” jelas Kolonel Pnb Muzafar. 

Sebelumnya, jasad korban ditemukan oleh nelayan di Teluk Bengkunat Pekon Kota Jawa, pada Senin Pagi (11/11). Jasad korban kemudian dievakuasi oleh petugas Polairud Polda Lampung ke Puskesmas Bengkunat Blimbing Pesisir Barta, Lampung Barat.

Adapun, dugaan bahwa korban adalah seorang WNA bernama Bing Yang Wang. Hal tersebut diperoleh berdasarkan ciri-ciri dari nahkoda kapal yang sempat mengantar korban. Saat itu, korban bersama teman-temannya hendak diving.

Saat ini korban telah diserahkan oleh Dirpolairud Polda Lampung Kombes Usman kepada Basarnas selaku Koordinator SAR. Korban dievakuasi dari Bangkunat Lampung Barat ke Halim dengan menggunakan heli Basarnas. (ARMAN R)

Berita Terkait