Selasa, 24 April 2018 | 15:50:40 WIB

Tanamkam Jiwa Nasionalisme Sejak Usia Dini, Tim Ekspedisi NKRI Subkorwil-8 Kaimana Beri Pelatihan PBB

Sabtu, 27 Februari 2016 | 21:55 WIB
Tanamkam Jiwa Nasionalisme Sejak Usia Dini, Tim Ekspedisi NKRI  Subkorwil-8 Kaimana Beri Pelatihan PBB

Suasana Tim Ekspedisi NKRI Subkorwil-8 Kaimana memberikan pelatihan dasar PBB kepada murid SD Kampung Sisir 1 Kabupaten Kaimana. (FOTO : PENKOPASSUS/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Untuk menanamkan jiwa nasionalisme pada anak sejak dini, Tim Ekspedisi NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) Subkorwil-8 Kaimana memberikan pelatihan dasar Peraturan Baris-berbaris (PBB) dan wawasan kebangsaan kepada murid Sekolah Dasar (SD) Kampung Sisir 1 Kabupaten Kaimana (Provinsi Papua Barat), Sabtu (27/2/), yang dipimpin Komandan Subkorwil-8 Kaimana Mayor Caj Thomas Barus.   Adapun siswa yang mengikuti pelatihan dasar PBB berjumlah 30 siswa  mulai kelas satu sampai dengan kelas enam.

“Jiwa nasionalisme anak perlu ditanamkan sejak usia dini, salah satu caranya melalui pelatihan Dasar PBB,” terang Komandan Subkorwil-8 Kaimana Mayor Caj Thomas Barus.

Tujuan pelatihan ini lanjutnya, juga sebagai upaya agar para siswa memiliki kebanggaan dan dapat tertanam dalam dirinya rasa disiplin yang tinggi.

Selain latihan baris berbaris, tim Ekspedisi NKRI juga memberikan pengetahuan tentang wawasan kebangsaan guna menanamkan rasa cinta tanah air.

Ekspedisi NKRI di Papua Barat merupakan kegiatan Ekspedisi yang keenam kalinya dan merupakan rangkaian dari program Ekspedisi yang akan terus berkeliling kes eluruh daerah di NKRI.  Ekspedisi yang pertama pada 2011 yaitu Ekspedisi Bukit Barisan di Sumatera, kedua Ekspedisi Khatulistiwa 2012 di Kalimantan, ketiga Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi 2013, keempat Ekspedisi NKRI Koridor Maluku dan Maluku Utara 2014 dan kelima Ekspedisi NKRI Koridor Kepulauan Nusatenggara 2015.

Kabupaten Kaimana merupakan salahsatu daerah di Papua Barat dari 8 daerah yang menjadi lokasi Ekspedisi NKRI yakni Tambrauw, Sorong, Sorong Selatan, Manokwari Selatan, Bintuni, Wondama, dan Fakfak.

Berita Terkait