Minggu, 18 Februari 2018 | 10:11:13 WIB

TNI AL Apresiasi Penyelenggaraan Bhakti Kesehatan Korps Marinir

Sabtu, 5 Maret 2016 | 19:04 WIB
TNI AL Apresiasi Penyelenggaraan Bhakti Kesehatan Korps Marinir

Suasana Bhakti Kesehatan Korps Marinir. (FOTO : DIPSENKORMAR/LINDO)

SUBANG, LINDO - Korps Marinir (Kormar) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) menggelar Bhakti Kesehatan dan Latihan Tempur Darat, di Cisaat, Ciater, Subang, Provinsi Jawa Barat (Jabar), Sabtu (5/3).

Bhakti Kesehatan Korps Marinir 2016 ini memberikan dukungan kesehatan kepada masyarakat yang berada di kawasan Cisaat, Ciater, Subang dan sekitarnya secara gratis.  Adapun pelayanan kesehatan yang diberikan dalam Bhakti Kesehatan tersebut meliputi pelayanan kesehatan Poli Umum, Poli Gigi, Poli Mata, Poli Kebidanan, Poli Bedah/Khitan, Apotek dan pembagian 250 kaca mata baca.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) melalui Asops Kasal Laksda TNI Ari Sadewo menyatakan, bangga dan apresiasi terhadap kegiatan bhakti kesehatan yang telah berhasil langsung menyentuh rakyat kecil ini.

Hal tersebut disampaikannya sebelum menyerahkan 1000 paket sembako kepada para warga setempat, 150 sajadah, tiga kursi roda kepada warga usia lanjut, satu unit sepeda P3K kepada PMR SMA Negeri 9 Bandung.

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, pelaksanaan Bhakti Kesehatan ini merupakan implementasi dari program Panglima TNI tentang “Kemanunggalan TNI dan Rakyat, Bersama Rakyat TNI Kuat”.

Disamping bhakti sosial, Kormar juga melaksanakan latihan prajurit Marinir yaitu melaksanakan operasi tempur darat lanjutan.  Diskenariokan pasukan marinir menghancurkan musuh setelah berhasil mendarat.  Satu batalyon prajurit marinir dilibatkan dalam latihan ini, yang dilanjutkan dengan pemulihan wilayah setelah berhasil dikuasai dengan mengadakan pelayanan kesehatan.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan bersama antara IKAL (Ikatan Alumni Lemhanas 45, Artha Graha Group, IDI (Ikatan Dokter Indonesia) dan Ikatan Alumni SMAN 9 Bandung, Palang Merah Indonesia (PMI), serta dukungan Pemerintah Daerah (Pemda).  Kami ucapkan terima kasih atas partisipasinya,” terang Dankormar Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana.

Pemda setempat juga turut hadir dan berpartisipasidalam Bhakti Kesehatan kali ini. Dalam sambutannya Asisten Dua Pemkab Subang Drs. Cecep Supriatin menyatakan sangat berterima kasih terhadap Marinir yang telah mengadakan kegiatan ini dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya, atas operasi khusus terhadap dua warga Subang yang telah menjalani operasi yaitu Adik Saeful dan Nia.   “Sampai ke pelosok pun, TNI dapat mengetahui ada warga yang susah, Inilah hebatnya marinir,” ujarnya.

Dalam pelayanan pengobatan gratis ini juga, menghadirkan dua orang warga setempat yang telah menjalani operasi khusus di Rumah Sakit Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, pada 18 Februari 2016 lalu, untuk pengecekan kesehatan lebih lanjut.

Kedua warga tersebut adalah Saepul Ermawan (8 thn) warga Desa Cisaat Subang yang telah menjalani operasi colostomi (pembuatan lubang anus) dan Nia Kurniasih (16 thn), warga Desa Nagrak, Ciater, Subang yang telah menjalani operasi anoplasti dikarenakan kelainan usus yang di derita sejak lahir.

Kegiatan ini mendapat respon yang positif dari masyarakat.   Tercatat sebanyak 922 warga mendapat pelayanan kesehatan dalam kegiatan ini. Warga merasa sangat terbantu dengan kegiatan ini.  Warga tersebut terdiri dari 102 warga Nagrak, 120 warga Cibitung, 111 warga Ciater, 174 warga Palasari, 144 warga Cisaat, 170 warga Sanca dan 101 warga Cibesi.

Dalam Bhakti Kesehatan Korps Marinir yang dipimpin langsung Kepala Dinas Kesehatan Kormar Kolonel Laut (K) dr. Gigih Imanta, Sp. PD ini, melibatkan personel Dinas Kesehatan Kormar, Rumah Sakit Marinir Cilandak Jakarta dan Batalyon Kesehatan-2 Marinir Jakarta.

Bhakti Kesehatan ini, diperkuat enam tenaga administrasi kesehatan, 12 dokter Umum, empat dokter spesialis gigi, satu dokter spesialis mata, satu dokter obsgyn, satu dokter radiologi, dua bidan, enam perawat bedah, satu apoteker, tiga perawat gigi, 43 perawat umum dan satu radiografer serta diperkuat ratusan prajurit Korps Marinir.   Tidak ketinggalan Bhakti kesehatan ini juga dilengkapi dengan Rumah Sakit Lapangan, empat unit ambulan, satu unit truk kontainer bedah, obat-obatan, dan alat-alat pendukung lainnya.

Selesai membuka Bhakti Kesehatan, Dankormar meninjau latihan tempur prajurit Marinir yang digelar di ketinggian High Land Resort Ciater, yang juga disaksikan oleh warga dan peserta Reuni Akbar Alumni SMA Negeri 9 Bandung.  Sebagaimana diketahui Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana merupakan salah satu Alumni SMA Negeri 9 Bandung.

Dalam reuni akbar tersebut, Dankormar bersama dengan Alumni SMA Negeri 9 Bandung, melaksanakan kegiatan outbond, fun game, jalan santai, senam aeorobik serta ramah tamah.

Berita Terkait