Rabu, 18 Juli 2018 | 09:55:17 WIB

Moment Hut Ke-69 Arhanud TNI AD, Prajurit Arhanud Agar Menjaga Kualitas Moral Dan Etika

Rabu, 18 November 2015 | 17:48 WIB
Moment Hut Ke-69 Arhanud TNI AD, Prajurit Arhanud Agar Menjaga Kualitas Moral Dan Etika

Komandan Menarhanud-1/F Kolonel Arh I Made Kusuma DG, saat pelaksanaan Peringatan HUT Ke-69 Arhanud. (FOTO: PENDAMJAYA/LINDO)

JAKARTA, LINDO – Profesionalisme tidak hanya diukur dengan keterampilan dalam penguasaan taktik dan tehnik  semata, tetapi lebih dari itu.  Profesionalisme dan militansi yang ingin kita tingkatkan adalah sinergi dari kemampuan profesi setiap personel prajurir Arteleri Pertahanan Udara (Arhanud) dengan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) Arhanud yang modern dan berteknologi tinggi, untuk digunakan secara optimal dalam menyelesaikan tugas pokok dengan dilandasi semangat pengorbananan yang tinggi, pantang menyerah dan selalu berjuang untuk kepentingan bangsa dan negara.

Hal demikian disampaikan Komandan Resimen Arhanud- 1/F (Menarhanud-1/F) Kolonel Arh I Made Kusuma DG, saat pelaksanaan Peringatan HUT Ke-69 Arhanud, di Aula Batalyon Arhanudri-1/K “Purwa Bajra Cakti, Jalan Raya Serpong Km. 8, Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (17/11).

Menurut Komandan Menarhanud-1/F, keberhasilan seorang prajurit dalam melaksanakan tugas, tidak hanya ditentukan oleh kualitas intelektual semata, tetapi yang lebih penting lagi adalah kualitas moral dan etika.

Kolonel Arh I Made Kusuma DG mengingatkan kepada seluruh prajurit Arhanud, bahwa pemahaman profesionalisme dan militansi prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), tidak sama dengan pemahaman profesional dan militansi di kebanyakan negara lain.

“Sikap lain prajurit yang harus dikembangkan adalah sikap tanggap dan peka terhadap situasi dilingkungannya, cermat dalam menganalisis, cepat dan tepat serta arif dalam bertindak.  Untuk itu para prajurit Arhanud perlu mengembangkan cara-cara berfikir kreatif, inovatif dan komprehensif serta dapat menimplementasikan dan menghasilkan solusi yang terbaik dilapangan, sehingga dapat mengatasi dan menanggulangi setiap permasalahan apapun yang dihadapi,” ujarnya.

Peringatan HUT Arhanud ke 69 yang dirayakan dengan acara syukuran secara sederhana ini, mengangkat tema "Dengan semangat HUT Ke 69 Arhanud, kita tingkatkan Profesionalisme dan militansi prajurit guna mewujudkan Arhanud yang hebat dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD."

Peringatan HUT Ke 69 Arhanud Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Menarhanud -1/Faletehan Dam Jaya selaku Pembina Kecabangan Korps Arhanud di jajaran Garnizun Tetap-1/Ibukota Jakarta.

“Diharapkan para prajurit Arhanud di manapun kalian bertugas dan berada, dapat meningkatkan kualitas diri dan memperluas wawasan yang memiliki dan dapat mengharumkan dan menjaga nama baik korps Arhanud,” tegas Komandan Menarhanud-1/F.

Tidak lupa tambahnya, ucapan terima kasih dan penghargaan kepada purnawirawan, sesepuh Arhanud atas pengabdiannya dalam membesarkan korps Arhanud TNI AD, juga kepada seluruh prajurit Arhanud yang telah sukses melaksanakan tugas-tugasnya dalam perwujudan Dharma Bhakti kepada bangsa dan negara. Dirgahayu Arhanud TNI Angkatan Darat Vyati Rakca Bhala Cakti, jaya sepanjang masa.

Satuan-satuan Arhanud yang berada di ibukota Jakarta meliputi Resimen Arhanud-1/Falatehan Dam Jaya yang menaungi Batalyon Arhanudse-6/1F Dam Jaya “Rangkok”, Batalyon Arhanudse-10/F Dam Jaya”Gagak Hitam”, dan Denarhanud Rudal 003/1/F Dam Jaya ”Elang” dan Batalyon Arhanudri/K “Rajawali yang dibawah naungan Divif-1/K “prakasa Vira Gupti.  Dimana pembinaan teknis kecabangannya menjadi tugas tanggung jawab dari Menarhanud-1/F Dam Jaya.

Peringatan HUT ke 69 Arhanud dilakukan pemberian penghargaan kepada prajurit korps Arhanud yang prestasi yang diraih oleh Komandan Denarhanud Rudal-003/1/F Dam Jaya Mayor Arh Rimba Anwar  juara I Lomba Tenis Piala Panglima TNI 2015 kelompok Pamen dan Kopda Munadi meraih juara II beregu menembak senapan Match-10 (rintangan), dan juara III beregu menembak senapan Match-4 (aplikasi) pada lomba tembak Piala Kasad 2015.

Sertu Kasman dari Yonarhadudri-1/K meraih juara III kelas 75 Kg,  pada  Kejuaraan  Dunia Piala Presiden Federasi Yongmoodo tahun 2015 di Korea Selatan, diikuti  oleh Yonarhanudse-6/1/F diwakili Praka Rivan Muhdarima meraih juara II beregu menembak senapan match-10 (rintangan) dan juara III Beregu menembak senapan Match -4 (aplikasi) pada Lomba menembak Piala Kasad 2015.  

Peringatan ini dihadiri 600 orang  terdiri para purnawirawan, Perwira korps Arhanud TNI AD jajaran Gartap-1/ibukota Jakarta serta perwakilan prjurit maupun anggota Persit Kartika Chandra Kirana dari seluruh satuan Arhanud jajaran Gartap 1/ibukota Jakarta.

Berita Terkait