Kamis, 18 Januari 2018 | 04:43:02 WIB

Presiden Joko Widodo bersama Rombongan Kunjungi Wilayah Kodam XVI Pattimura

Kamis, 7 April 2016 | 21:58 WIB
Presiden Joko Widodo bersama Rombongan Kunjungi Wilayah Kodam XVI Pattimura

Presiden Joko Widodo mendapat sebuah penutup kepala dari warga adat di daerah itu. (FOTO: PENREM 152 BABULLAH/LINDO)

TERNATE, LINDO - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo beberapa waktu lalu melaksanakan kunjungan kerja di wilayah Kodam XVI/Pattimura, di Provinsi Maluku. Dalam kunjungan itu, Presiden ikut meresmikan beberapa proyek pembangunan infrastruktur antara lain Jembatan Merah Putih di Ambon Maluku, lima pelabuhan di wilayah Maluku dan Maluku Utara.

Rombongan Presiden menggunakan pesawat Boing 737-400 milik TNI AU mendarat di Bandara Pattimura Ambon. Dalam kunjungan itu Presiden ditemani Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri  Pekerjaan Umum dan Menteri Sosial Khofifah Indah Parawansa serta perangkat keprisedenan lainnya yang disambut oleh Gubernur Maluku, Pangdam XVI/Pattimura, Kapolda Maluku serta unsur Forkopimda Provinsi Maluku.

Rombongan kemudian bertolak menuju ke acara peresmian Jembatan Merah Putih (JMP). Usai pelaksanaan peresmian jembatan Presiden kemudian bertolak menuju ke Manokwari dan Wasior Papua Barat dan bertolak kembali ke Morotai Maluku Utara.

Rombongan Presiden disambut oleh Gubernur Maluku Utara, Danrem 152/Babullah, Bupati Morotai serta unsur muspida di Kabupaten Pulau Morotai dan selanjutnya meresmikan sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Daruba dan menginap di De Aloha Resort, pada pagi harinya kemudian Presiden melakukan peresmian bersama para kepala desa se-Daruba .

Di Bandara Tobelo tiba Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dengan menggunakan pesawat jenis Twin Otter kemudian menuju Pelabuhan Daruba mendahului rombongan Presiden. Sekitar pukul 09.10 WIT, rombongan Presiden menggunakan 2 unit pesawat CN-295 TNI AU mendarat di Pelabuhan Galela.

Presiden Jokowi, Menteri Pekerjaan Umum, Menteri Sosial, Panglima, Gubernur Malut, Kodam XVI/Pattimura, Kapolda Malut serta perangkat keprisedenan disambut oleh Wakil Gubernur Malut, Bupati Halut, Dandim 1508/Tobelo serta unsur Forkopimda Halut.

Rombongan kemudian bertolak menuju Pelabuhan Galela, namun ditengah perjalanan Presiden Jokowi yang memiliki jiwa merakyat sehingga terhitung delapan kali turun dari kendaraan untuk menyapa langsung masyarakat serta turut membagikan buku tulis dan kaos bagi anak-anak yang beliau temui.

Presiden juga bersedia untuk berjabat tangan dan berfoto bersama masyarakat yang tentu saja menjadi kesan tersendiri yang bisa jadi satu kali dalam seumur hidup bisa bertatapan dan berinteraksi langsung dengan seorang Presiden.

Di pelabuhan Tobelo, Presiden meresmikan lima pelabuhan antara lain Pelabuhan Tobelo, Galela, Tutu Kembong, Wonreli dan Wasior serta di terminal Soasio Galela membagiakan kartu jaring pengaman sosial seperti  Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Pintar (KIS), Kartu Indonesia Sehat (KIS) serta bantuan penyandang disabilitas.

Panglima Kodam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo selaku Pangkoops Pam VVIP  yang memiliki tanggung jawab keamanan kunjungan RI 1 di wilayah Maluku Utara membackup tugas dari Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) termasuk menyiapkan pasukan pengamanan ring 1 sampai dari ring 3, pengamanan rute, keamanan konsumsi Presiden.

Tugas tersebut terbilang tidaklah mudah namun berkat dedikasi serta semangat juang yang tinggi seluruh rangkaian kunjungan Presiden Jokowi dan rombongan di wilayah Maluku dan Maluku Utara dapat berjalan dengan sukses tanpa adanya hambatan. (Penrem 152/Babullah)

Berita Terkait