Selasa, 19 Juni 2018 | 02:23:32 WIB

Empat SMP Kota Jambi Selenggarakan UNBK

Minggu, 10 April 2016 | 21:58 WIB
Empat SMP Kota Jambi Selenggarakan UNBK

Ujian nasional berbasis komputer mulai diadakan di sekolah menengah pertama (SMP). (FOTO: IST/LINDO)

JAMBI, LINDO - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jambi menyatakan, empat sekolah menengah pertama (SMP) di kota itu siap menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada Mei mendatang.

"Sekolah yang melaksanakan ujian berbasis komputer di Kota Jambi ada empat sekolah. Yaitu SMPN 1, SMPN 7, SMP Xaverius 1 dan SMP Unggul Sakti," kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdik Kota Jambi, Arman di Jambi, Minggu (10/4).

Arman menjelaskan, siswa SMP yang mengikuti ujian nasional berbasis komputer dari empat sekolah tersebut berjumlah 1.143 siswa, terdiri atas 522 laki-laki dan 621 perempuan.

Hingga saat ini, katanya, sarana dan prasarana di empat sekolah yang melaksanakan UNBK tersebut tidak ada kendala apa pun.

Selain itu, untuk menjaga kelancaran sistem listrik dan jaringan, Disdik telah berkordinasi dengan pihak Telkom dan PLN wilayah setempat.

"Sejauh ini tidak ada kendala, dan jika dilihat persiapan tahun ini sudah lebih baik dari tahun sebelumnya," katanya menjelaskan.

Selain empat sekolah yang menggunakan sistem UNBK, sebanyak 59 sekolah SMP negeri dan swasta akan melaksanakan ujian nasional secara manual dengan jumlah pesertanya sebanyak 7.324 siswa. Terdiri atas 3.683 laki-laki dan 3.641 perempuan.

Sementara untuk sekolah Madrasah Tsanawiah (MTs) sebanyak 33 sekolah yang jumlah pesertanya 2.613 siswa. Terdiri atas laki-laki sebanyak 1.342 dan perempuan 1.271 siswa.

Arman menambahkan, untuk ujian setara paket B diselenggarakan di 13 Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) dengan jumlah pesertanya sebanyak 669 siswa. (ANT)

Berita Terkait