Sabtu, 20 Januari 2018 | 10:34:26 WIB

Kontingen Garuda di Lebanon Peringati HUT TNI AU ke-70

Senin, 11 April 2016 | 12:14 WIB
Kontingen Garuda di Lebanon Peringati HUT TNI AU ke-70

Kontingen Garuda 2015-2016 Peringati HUT TNI AU ke-70 di Lebanon. (FOTO: Penerangan Konga XXIII-J/Unifil/LINDO)

LEBANON, LINDO - “Dilandasi Moralitas, Integritas, Profesionalitas, dan Militansi, TNI AU Siap Menjaga Kedaulatan dan Keutuhan Wilayah NKRI”, merupakan tema peringatan HUT TNI AU ke-70 tahun 2016, suatu usia yang sudah cukup matang dalam pengalaman mengamankan wilayah udara Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta.
 
Sukacita dan kebahagiaan yang dirasakan prajurit di tanah air, sama dengan yang dialami Prajurit TNI AU yang tergabung dalam Satgas Kontingen Garuda 2015-2016, yang berada dalam penugasan misi perdamaian dunia di Lebanon.
 
Di kemas dalam acara yang cukup sederhana, Satgas FHQSU (Force Headquarter Support Unit) Konga XXVI-H1/Unifil, Indobatt (Indonesian Battalion) Konga XXIII-J/Unifil, Indo FPC (Force Protection Company) Konga XXVI-H2/Unifil, MPU (Military Police Unit/Sempu) Konga XXV-H/Unifil, dan Military Staf yang tergabung dalam Kontingen Garuda Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon), beberapa waktu lalu menggelar acara syukuran HUT TNI AU ke-70, bertempat di Rubhall Markas Indobatt, Adchit Al Qusayr, Lebanon.
 
Dalam kesempatan tersebut, Komandan Kontingen Garuda 2015-2016 Kolonel Kav Jala Argananto menyampaikan rasa hormat dan bangga atas pengabdian TNI AU mengawal wilayah udara nasional, 70 tahun bukan waktu yang singkat untuk membangun salah satu Garda Bangsa kebanggaan rakyat Indonesia.
 
“Besar harapan dengan moment peringatan HUT TNI AU ini seluruh Prajurit TNI AU yang bertugas dalam misi perdamaian dunia dapat meningkatkan semangat juang, profesionalitas dan soliditas seperti apa yang diharapkan rakyat Indonesia,” kata Kolonel Kav Jala Argananto.
 
Sementara itu, perwakilan Prajurit TNI AU tertua yang ikut dalam acara tersebut Mayor Kal Yudistiro B.W. yang saat ini bertugas sebagai Kasi Logistik Satgas Indobatt turut menyampaikan pesan. Menurutnya, kita sebagai prajurit harus tetap setia, loyalitas dan memiliki dedikasi, yang tinggi untuk mengimplementasikan pesan para pendahulu dan pendiri TNI AU. “Dengan semboyan “Swa Buana Paksa”, setiap prajurit  TNI AU yang bertugas dapat memberikan yang terbaik dalam pengabdiannya,” pungkasnya.
 
Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Komandan Sektor Timur Unifil Kolonel Inf Rachman, Dansatgas Indobatt Konga XXIII-J/Unifil Letkol Inf Dwi Sasongko, S.E., Dansatgas Sempu Letkol Cpm Zulkarnaen dan beberapa Perwira Staf yang bertugas di Lebanon.
 
Acara syukuran dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Komandan Kontingen dan diberikan kepada prajurit termuda yang berasal dari satuan Korpaskhas. Rangkaian acara diakhiri dengan ramah tamah dan foto bersama di lapangan Soekarno Markas Indobatt.
 
Tampak raut muka keceriaan dan suka cita di wajah Prajurit TNI AU, karena baru kali ini mereka melaksanakan peringatan HUT di negeri orang, namun lebih dari pada itu mereka merasa bangga menjadi bagian Tentara Nasional Indonesia. (Penerangan Konga XXIII-J/Unifil)

Berita Terkait