Selasa, 17 Juli 2018 | 08:53:46 WIB

Antisipasi Kecelakaan Lalu Lintas, Jajaran Kolinlamil Terima Sosialisasi Safety Riding

Rabu, 27 April 2016 | 16:25 WIB
Antisipasi Kecelakaan Lalu Lintas, Jajaran Kolinlamil Terima Sosialisasi Safety Riding

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Aan Kurnia mencoba motor besar milik Ditlantas Polda Metro Jaya dalam kegiatan sosialisasi dan praktek Safety Riding di dermaga Kolinlamil. (FOTO : DISPENKOLINLAMIL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Untuk mencegah kecelakaan lalu lintas pada diri prajurit, jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menerima sosialisasi keselamatan berkendaraan atau Safety Riding dari Ditlantas Polda Metro Jaya, sekaligus sosialisasi keselamatan berlalu lintas dan Undang-undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan angkutan jalan, di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (27/4).
 
Selain sosialisasi tentang keselamatan berkendara, dalam kesempatan tersebut pihak Ditlantas Polda Metro Jaya juga memberi kesempatan kepada jajaran Kolinlamil untuk mencoba praktek berkendaraan motor dengan menggunakan motor besar milik Ditlantas Polda Metro Jaya.
 
Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Aan Kurnia yang turut hadir dalam sosialisasi Safety Riding tersebut, mencoba mengendarai motor besar yang biasanya digunakan untuk mengawal konvoi ataupun kegiatan protokol ini dengan memutari lapangan dermaga Kolinlamil dengan dipandu salah seorang anggota Polisi Wanita (Polwan).
 
Pangkolinlamil menyambut baik sosialisasi yang dilakukan jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya. Begitupun Kaskolinlamil Laksma TNI Roberth Wolter Tappangan yang juga mengendarai motor besar sekelas 750 cc tersebut.
 
“Sosialisasi ini sangat positif, dan diharapkan ilmu yang diterima anggota dapat diterapkan, sehingga bisa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas,” terang Panglima Kolinlamil.
 
Kepala Dinas Provos Kolinlamil Letkol Laut (PM) J Budi K Ilyas mengatakan, sosialisasi keselamatan berlalu lintas tidak hanya dilakukan di kalangan pelajar dan, masyarakat. Tetapi safety riding juga dilakukan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), khususnya di Kolinlamil.
 
Materi yang diberikan mencakup tata tertib berlalu lintas, etika, dan peraturan lalu lintas. Selain sosialisasi, kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi dan kemitraan antara TNI dan Polri.
 
"Dengan sosialisasi ini diharapkan prajurit Kolinlamil bisa menjadi pelopor keselamatan, dan menjadikan keselamatan sebagai kebutuhan,” harap Kadisprov Kolinlamil.
 
Berdasarkan data kecelakaan lalu lintas tahun 2011 tercatat jumlah kasus kecelakaan yang dialami anggota TNI dan Polri di Indonesia mencapai 8.114 kasus, namun berangsur menurun mulai 2012 menjadi 8020 kasus, 2013 menjadi 6.498 kasus, terus menurun 2014 menjadi 5.966 kasus hingga 2015 menjadi 6.434 kasus.
 
“Karena itu, untuk menekan angka kecelakaan perlu disosialisasikan tentang keselamatan berkendara sesuai UU Nomor 22 Tahun 2009,” jelasnya.
 
 

Berita Terkait