Senin, 23 April 2018 | 01:14:27 WIB

Kasal : Kepentingan Nasional Dapat Dicapai Dengan Lingkungan Maritim

Senin, 23 Mei 2016 | 21:30 WIB
Kasal : Kepentingan Nasional Dapat Dicapai Dengan Lingkungan Maritim

Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, saat hadir sebagai pembicara pada kuliah umum dihadapan kurang lebih 300 Mahasiswa UGM. (FOTO : DISPENAL/LINDO)

YOGYAKARTA, LINDO - Kepentingan nasional dapat dicapai dengan menggunakan lingkungan maritim sebagai salah satu medianya.  untuk mewujudkan visi ini, seluruh komponen pembangunan bangsa harus mampu memahami dan mengimplementasikan lima pilar atau misi Poros Maritim Dunia.

Hal demikian disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, saat hadir sebagai pembicara pada kuliah umum dihadapan kurang lebih 300 Mahasiswa UGM, dengan tema “Survei dan Pemetaan Untuk Ketahanan Maritim, di Departemen Teknik Geodesi, Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada (IGM), Yogyakarta, Senin (23/5).
 
Menurutnya, lima pilar Poros Maritim Dunia yaitu Budaya Maritim, Sumber Daya Laut, Infrastruktur dan Konektivitas Maritim, Diplomasi Maritim, dan Pertahanan Maritim, dimana semuanya harus dipahami secara holistik dan saling terkait.
 
“Sebagai salah satu pemangku kepentingan nasional Indonesia di laut, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) memiliki peran yang sentral dalam pengelolaan wilayah laut.  Salah satu daya dukung yang sangat vital bagi pelaksanaan tugas tersebut adalah melakukan survei dan pemetaan laut,  TNI AL memiliki Dinas Hidro-Oseanografi, yang melaksanakan tugas ini,” terang Laksamana TNI Ade Supandi.
 
TNI AL lanjutnya, akan selalu menjalin kerja sama, salah satunya dengan Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia, terutama yang memiliki disiplin ilmu yang sesuai dengan kelautan.
 
Ia menjelaskan, TNI AL memiliki misi berkaitan dengan pengembangan keilmuan di bidang geodesi, dan TNI AL juga memiliki Dishidros sekaligus juga saat ini, serta juga memiliki dua Kapal Survei baru yakni Kapal Republik Indonesia (KRI) Rigel dan Spica, yang keduanya dapat dimanfaatkan menjadi tempat belajar oleh mahasiswa.

“Saya berharap dengan kegiatan seperti ini, bisa memberikan sumbangan lebih besar pada capaian pembangunan nasional, khususnya terkait dengan Poros Maritim Dunia yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo,” harap Kasal.
 
Pada kedatangannya di Kampus UGM, Kasal disambut langsung Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni Dr. Paripurna P. Sugarda, LL.M., di Gedung Rektorat Kampus UGM.

Turut hadir mendampingi Kasal dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Pendidikan Angkatan Laut (Kadisdikal) Laksma TNI Hadi Santoso, Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) V Surabaya Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah, dan pejabat terkait lainnya.

Berita Terkait