Senin, 20 November 2017 | 16:33:33 WIB

Marinir Latih 210 Kader Pembina Bela Negara

Minggu, 29 Mei 2016 | 19:19 WIB
Marinir Latih 210 Kader Pembina Bela Negara

Ratusan peserta perwakilan dari Menwa dan karyawan se-Provinsi DKI Jakarta, mengikuti pelatihan pembentukan Kader Pembina Bela Negara oleh Korps Marinir. (FOTO : DISPENKORMAR/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Sebanyak 210 peserta perwakilan dari Resimen Mahasiswa (Menwa) dan karyawan se-Provinsi DKI Jakarta, mengikuti pelatihan pembentukan Kader Pembina Bela Negara, di Bhumi Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, yang berlangsung dari 23 Mei hingga 3 Juni 2016.
 
Pelatihan pembentukan Kader Pembina Bela yang dibuka secara resmi oleh Inspektur Upacara (Irup) Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kementerian Pertahanan (Kemhan) Laksma TNI Muhammad Faisal, dengan komandan upacara Wadan Yon Kapa-2 Marinir Mayor Mar Erwin Tri Yulianto ini, ditandai dengan penyematan pita tanda peserta oleh Irup di lapangan sepak bola Resimen Marinir Cilandak.
 
Selama dua minggu mengikuti pelatihan, para peserta akan dibimbing oleh 62 orang pelatih dan instruktur dari Yon Kapa-2 Mar, Taifib-2 Mar, dan Kolat Marinir.

Para peserta juga akan didampingi tim kesehatan Marinir dibawah kendali penanggungjawab kegiatan Danmenkav-2 Marinir Letkol Mar Hadi Sumarto dan Danyon Kapa-2 Marinir Letkol Mar Bambang Adriantoro selaku pimpinan latihan.
 
Adapun materi yang akan diterima oleh para peserta, antara lain pengetahuan bela negara, dasar kedisiplinan, mountaineering, materi darat dan laut, serta pengenalan kesenjataan.   
 
“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan sikap kedisiplinan, loyalitas dan dedikasi, baik perorangan maupun dalam kerja sama tim, guna membangkitkan semangat dan kebanggaan sehingga mampu mengemban tugas yang dihadapi,” kata Danyon Kapa-2 Marinir Letkol Mar Bambang Adriantoro.

Di sela-sela rangkaian kegiatan latihan tersebut, pada Kamis (26/5) para peserta dan pendamping berkesempatan menerima pengarahan dari Dosen Lemhanas Mayjen TNI Mar (Pur) Eddy Oetomo dan Mayjen TNI (Pur) Sary Sutaat sebagai nara sumber.
 

EDITOR : ARMAN R

Berita Terkait

Baca Juga