Rabu, 22 November 2017 | 20:10:25 WIB

Prajurit TNI Ikuti Peacekeepers Day Unifil di Lebanon Selatan

Kamis, 2 Juni 2016 | 02:31 WIB
Prajurit TNI Ikuti Peacekeepers Day Unifil di Lebanon Selatan

(FOTO: Penerangan Konga Unifil 2016/LINDO)

LEBANON, LINDO - Prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Kontingen Garuda Unifil mengikuti upacara International Day of UN Peacekeepers yang dipimpin langsung oleh Force Commander Unifil Mayjend Luciano Portolano, dengan tema “Honouring Our Heroes” di Venue Chenotype, Unifil (Nations Interim Force in Lebanon) HQ (Headquarter), Naqoura, Lebanon Selatan, Senin  (30/5).

International Day of UN Peacekeepers yang jatuh pada tanggal 29 Mei adalah hari yang sangat bersejarah bagi pasukan perdamaian dibawah naungan bendera Perdamaian Bansga-Bangsa (PBB), karena pada tanggal tersebut seluruh UN Peacekeepers yang menjalankan misi perdamaian dunia yang tersebar dalam empat benua memperingatinya, sebagai bentuk rasa penghormatan kepada kontribusi yang tak ternilai dalam UN Mission dan juga menghormati lebih dari 3.400 pasukan penjaga perdamaian yang telah gugur sejak pertama kalinya UN Mission dibuka pada tahun 1948.

Dalam sambutannya Mayjend Luciano Portolano mengatakan antara lain, saya selaku Force Commander Unifil menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh Kontingen dari berbagai negara yang telah memberikan kontribusi, baik fisik maupun non fisik dalam usaha menjaga perdamaian khususnya di wilayah Lebanon Selatan.

“Ini  termasuk didalamnya Kontingen Garuda 2016 yang saat ini dipimpin oleh Kolonel Kav Jala Argananto, sebagai Komandan Kontingen Garuda,” katanya.

Sementara itu, di sela-sela peringatan Peacekeepers Day tersebut juga dilaksanakan kegiatan United Nations (UN) Medal Parade yang diberikan kepada beberapa Unifil HQ Military Staff Officer Indonesia sebagai salah satu penyumbang “Peacekeepers” terbanyak yaitu 1296 personel di Unifil.

Hal ini telah menunjukkan konstribusi dan kiprah yang positif untuk terjaganya perdamaian di wilayah Lebanon Selatan. Prestasi dan dedikasi yang disumbangkan mendapat pengakuan dari banyak negara dan bahkan dari masyarakat Lebanon Selatan sendiri yang nyata-nyata sangat mengharapkan keterlibatan Kontingen Garuda untuk misi-misi perdamaian di masa mendatang. (Penerangan Konga Unifil 2016)

EDITOR : EDITOR: ARMAN R

Berita Terkait

Baca Juga