Kamis, 19 Juli 2018 | 08:57:30 WIB

Politikus Demokrat Aktif Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Daerah Pemilihannya

Senin, 6 Juni 2016 | 21:46 WIB
Politikus Demokrat Aktif Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Daerah Pemilihannya

Sosialisasi empat Pilar Kebangsaan di Dapil Jatim VII oleh anggota Komisi VI DPR-RI, Sartono Hutomo. (FOTO: M NURCHOLIS/LINDO)

TRENGGALEK, LINDO - Menjaga Pancasila adalah kewajiban semua pihak. Dan hal itu terus digelorakan oleh salah seorang Politikus Partai Demokrat yang saat ini sebagai anggota Komisi VI DPR-RI, Sartono Hutomo.

Sepupu mantan Presiden SBY ini terus berkomitmen untuk selalu menjaga dasar negara sekaligus falsafah bangsa, Pancasila. Hal itu dibuktikan dengan digelarnya sosialisasi empat pilar kebangsaan di kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Minggu (5/6) kemarin.

Berdasarkan press release yang disampaikan oleh Tim Sartono Dapil Jatim VII yang berada di Kabupaten Ponorogo, acara diikuti sekitar 200 orang dan berasal dari berbagai komponen masyarakat Kecamatan Kampak, seperti mahasiswa, pemuda karang taruna, perangkat desa se-Kecamatan Kampak, guru dan pengajar SMP, SD, TK maupun PAUD.

Tampak hadir dalam kegiatan itu jajaran Muspika Kampak, diantaranya Camat Kampak Hariyadi, Kapolsek Kampak AKP Eko Martono, Danramil Kampak Kapt. Inf. Samuji. Juga hadir Tim Ahli Sartono, Nuruloh Sarjianto dan Tim Sartono, Se-Kabupaten Trenggalek.

Sementara ada dua orang  narasumber yang hadir, yaitu Sunarno (Dosen STKIP Trenggalek) dan Kapt.Inf. Samuji (Danramil Kampak).

Pada kesempatan itu Camat Kampak, Hariyadi mengapreasisi kegiatan empat pilar kebangsaan yang digelar Sartono Hutomo.

Hariyadi menambahkan sosialisai ini penting bagi masyarakat dalam menyikapi berbagai isu yang berkembang saat ini.

Disela-sela acara, Kapolsek Kampak, AKP Eko Martono mengharapkan masyarakat untuk selalu patuh (Operasi Patuh Jaya) terhadap semua peraturan lalu lintas, karena peraturan sepenuhnya dibuat demi keselamatan di perjalanan.

“Dan menjelang bulan Ramadhan ini akan dilaksanakan Operasi Ramadhaniyah dan Operasi Ketupat. Kami harapkan masyarakat selalu waspada terhadap tindak kriminal yang biasa marak di bulan puasa,” pinta AKP Eko Martono.

Mengenai berbagai isu terkait tindakan radikal ISIS, harapannya masyarakat tidak sembarangan menerima tamu yang tidak dikenal, dan melaporkan apabila tamu melebihi 2×24 jam.

Sementara itu Tim Ahli Sartono, Nuruloh Sarjianto menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan karena berbagai kendala di perjalanan.

“Perlu diketahui bersama Pak Sartono adalah putra daerah kelahiran pacitan, yang juga sepupu mantan Presiden SBY dan saat ini menjabat anggota DPR RI di komisi VI yang meliputi bidang industri, perdagangan, koperasi, dan BUMN,” kata Nuruloh Sarjianto.

Pihaknya juga  menyampaikan salam dari Sartono untuk seluruh masyarakat Kampak. “Terkait sosialisasi empat pilar, mohon peserta untuk benar-benar paham dan mngerti atas apa yang disampaikan pemateri. Karena empat Pilar kebangsaan yang meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan bhinneka Tunggal ika merupakan penyangga utama masyarakat indonesia dalam bersosialisasi dan bermasyarakat,” terangnya.

Narasumber yang menyampaikan materi Pancasila dan UUD 1945 adalah Sunarno. Sedankan Kapt Inf Samuji menyampaikan materi NKRI serta Bhinneka Tunggal Ika. Acara juga diisi dialog terkait empat pilar dan juga pembagian doorprize kepada peserta yang beruntung. (MUH NURCHOLIS)

Berita Terkait