Kamis, 19 Juli 2018 | 09:03:45 WIB

Komandan Kapal Perang Australia Kunjungan Kehormatan Ke Koarmabar

Senin, 13 Juni 2016 | 20:03 WIB
Komandan Kapal Perang Australia Kunjungan Kehormatan Ke Koarmabar

Kasarmabar Laksma TNI Yudo Margono bertukar cinderamata dengan Komandan Kapal Perang Auatralia HMAS Perth Kolonel Ivan Michael Ingham AM. (FOTO : DISPENKOARMABAR/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kepala Staf Koarmabar (Kasarmabar) Laksma TNI Yudo Margono mewakili Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksda TNI A. Taufiq R., menerima kunjungan kehormatan Komandan Kapal Perang Auatralia HMAS Perth Kolonel Ivan Michael Ingham AM, di Aula Yos Sudarso, Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jalan Gunung Sahari Raya No.67, Jakarta Pusat, Senin (13/6).
 
Kasarmabar mengatakan, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dan Angkatan Laut Australia memiliki sejarah hubungan dan kerja sama yang baik, khususnya latihan bersama, pelatihan dan pendidikan, pertukaran pelajar di tingkat Sekolah Komando Angkatan Laut.

Menurutnya, dalam menghadapi perkembangan dunia yang kompleks dan dinamis saat ini, kerja sama bilateral dan multilateral merupakan satu persyaratan untuk memastikan stabilitas keamanan nasional.
 
“Memahami domain maritim dan dengan dikeluarkannya kebijakan poros maritim dunia oleh Pemerintah Indonesia, Koarmabar menindaklanjuti dengan melaksanakan penegakan hukum dan kedaulatan negara di laut. Hal tersebut dapat dibuktikan Koarmabar beberapa waktu lalu menangkap kapal ikan asing buronan Interpol yang sedang berlayar di perairan barat Indonesia,” jelas Laksma TNI Yudo Margono.
 
Adanya Western Fleet Quick Response atau WFQR di Koarmabar lanjutnya, sangat mendukung usaha penindakan pelanggaran di laut wilayah kerja Koarmabar. WFQR dalam melaksanakan tugasnya selalu berkoordinasi dengan Angkatan Laut negara tetangga untuk menjaga stabilitas keamanan, sehingga berdampak pada menurunnya tindak kejahatan di perairan barat Indonesia, khususnya Selat Malaka dan Selat Singapura.
 
Dalam acara tersebut, Komandan Kapal Perang Australia menerima penjelasan tentang tugas pokok dan wilayah kerja Koarmabar melalui penayangan Video Profil Koarmabar. Acara kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah, diskusi serta diakhiri dengan tukar menukar cinderamata.
 
Turut mendampingi Kasarmabar dalam acara tersebut, Asrena Pangarmabar Kolonel Laut (P) Budi Purwanto  dan Asintel Pangarmabar Kolonel Laut (E) Angkasa Dipua.
 

Berita Terkait