Minggu, 19 November 2017 | 20:52:45 WIB

Euro 2016 - Menang 2-0, Turki Singkirkan Ceko

Rabu, 22 Juni 2016 | 04:30 WIB
Euro 2016 - Menang 2-0, Turki Singkirkan Ceko

Timnas Turki sewaktu dinyatakan lolos ke putaran final Piala Eropa 2016. (FOTO: ANT/LINDO)

PARIS, LINDO - Turki berhasil menang dengan skor 2-0 sekaligus menyingkirkan Republik Ceko dari Euro 2016 pada laga terakhir fase grup di Stadion Bollaert Delelis, Lens, Prancis, Rabu (22/6) dini hari WIB.

Republik Ceko dipastikan meninggalkan turnamen Euro 2016 karena berada di peringkat terbawah grup D dengan perolehan poin satu hasil satu kali imbang dan dua kekalahan.

Sebaliknya, Turki naik ke posisi tiga dengan poin tiga dan masih berpeluang lolos ke babak 16 besar jika berhasil menjadi salah satu dari empat tim posisi tiga terbaik dalam turnamen ini.

Statistik Euro mencatat kedua tim memiliki penguasaan bola yang nyaris imbang dengan 52 persen berbanding 48 persen. Namun Turki lebih efektif karena melepaskan dua sepakan yang berbuah gol, sementara Ceko melakukan lima tendangan ke gawang tanpa satu pun berbuah angka.

Pada jalannya laga, pasukan Fatih Terim unggul 1-0 lewat aksi Burak Yilmaz yang meneruskan umpan kerja sama Arda Turan dan Emre Mor untuk mengecoh kiper Ceko, Petr Cech, pada menit 10.

Turki menggandakan kedudukan pada menit 65 lewat bola hasil tendangan bebas Inan yang arahnya dibelokkan Yilmaz kepada Ozan Tufan yang langsung menyontek bola masuk ke gawang Petr Cech.

Ceko berupaya untuk memperkecil ketertinggalan salah satunya lewat tendangan jarak jauh yang dilepaskan Vladamir Darida pada menit 75, namun bola melambung.

Arda Turan sempat mengancam gawang Ceko saat meneruskan umpan diagonal Gonul. Beruntung aksi pemain Barcelona itu berhasil diblokir pemain Ceko untuk melakukan serangan balik. Skor 2-0 bertahan hingga laga usai.

Susunan pemain kedua tim dilansir dari UEFA:

Turki (4-3-3) :
Volkan Babacan, Hakan Balta, Gokhan Gonul, Selçuk ?nan, Arda Turan, ?smail Koyba??, Mehmet Topal, Ozan Tufan, Burak Y?lmaz, (Cenk Tosun) Volkan ?en (Ozyakup), Emre Mor (Sahan)
Pelatih: Fatih Terim
 
Rep Ceko (4-2-3-1): Petr Cech, Kaderabek, Hubník, Sivok, Necid, Dockal (Josef Sural), Pudil, Plasil, Pavelka (Skoda), Krejcí, Darida
Pelatih: Pavel Vrba

EDITOR : EDITOR: AHMAD DAILANGI

Berita Terkait

Baca Juga