Selasa, 17 Juli 2018 | 09:08:29 WIB

Prajurit Kodim 1014 Pangkalan Bun Tanam Padi Perdana di Demplot

Kamis, 23 Juni 2016 | 01:05 WIB
Prajurit Kodim 1014 Pangkalan Bun Tanam Padi Perdana di Demplot

(FOTO: PENDAM TANJUNGPURA/LINDO)

PANGKALANBUN, LINDO - Untuk meningkatkan swasembada pangan di Kabupaten Kota Waringin Barat (Kobar), Kodim 1014/Pangkalan Bun membuat demplot padi seluas 2 hektar yang bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Kobar, sekaligus penanaman padi perdana, pada Senin (20/6) di Desa Kumpai Batu Atas Kecamatan Arut Selatan.

Proses penanaman dilakukan di lahan seluas 2 Hektar. Padi ini diprediksi berusia 90 hari. Pola penanaman padi dengan sistem jajar legowo, untuk memperbanyak tunas dan akan meningkatkan jumlah rumpun.

Dandim 1014/Pbn menyampaikan melalui Pasi Ter Kodim 1014/Pbn Kapten Inf Sumarna bahwa lahan percontohan tersebut sepenuhnya dikerjakan oleh personel Kodim 1014/Pbn mulai dari pengolahan lahan sampai dengan panen dengan berpedoman pada pola tanam SRI (System of Rice Intensification) yang dipadu dengan jajar Legowo.

Kapten Sumarna mengharapkan lahan percontohan ini akan dapat meningkatkan hasil produksi pertanian khususnya padi di Kabupaten Kobar yang pada akhirnya bisa mendukung program pemerintah daerah tentang ketahanan pangan.

“Kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia dalam rangka mensukseskan swasembada pangan", ujarnya usai kegiatan penanaman padi.

Selain para Babinsa Kodim 1014/Pbn pembuatan Demlot dan penanaman padi perdana tersebut juga diikuti oleh kelompok tani Desa Kumpai Batu Atas dan Pramuka Saka Wira Kartika. sejumlah 33 orang.  (PENDAM TANJUNGPURA)

Berita Terkait