Senin, 18 Juni 2018 | 05:15:21 WIB

Kadis Pendiddikan Aceh Dapat Pembelajaran Cara Penggunaan Perangkat Minum Teh China

Jum'at, 24 Juni 2016 | 02:10 WIB
Kadis Pendiddikan Aceh Dapat Pembelajaran Cara Penggunaan Perangkat Minum Teh China

Kadis Pendidikan Aceh Drs Hasanuddin Darjo mendapat kehormatan mencoba menikmati teh China. (FOTO: TARMIZI/LINDO)

BANDA ACEH, LINDO - Kepala Dinas Pendidikan Aceh Drs. Hasanuddin Darjo, Kamis (23/6) malam, menerima tamu orang Tionghoa (China), kehadiran tamu tersebut membuat Darjo mendapat pembelajaran tentang cara penggunan Tea China Kitchen Set yang merupakan alat sajian minuman teh China tradisonal yang telah di mordenisasi.

Tea China Kitchen set tersebut merupakan perangkat minuman kehormatan di kerajan China pada masa lalu yang terus dilestarikan oleh masyarakat China secara turun temurun.

Dalam peragaan oleh beberapa generasi muda Tionghoa yang ingin memeperkenalkan budaya pangan masa lalu China kepada kalangan pendidik dan pelajar di Aceh.

Disamping memperagakan cara penggunaan alat tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Aceh langsung dapat menikmati minuman rare white tea dari Negara China.

Dikatakan darjo, saya senang mendapat pembelajaran dari pemuda Tionghoa, "Enak sekali rasa teh dari China, diminum pun tidak pakai gula", ucap Darjo sembari tersenyum.

Menurut Darjo, dari alat masak teh China hingga kepada teko dan gelasnya tentu sangat beda dengan yang kita punya di Aceh, Kitchen Set tersebut menurut penjelasan dari pemuda Tionghoa ini, bahwa satuan pendidikan atau sekolah di China minuman teh menjadi suguhan minuman kehormatan para tamu di sekolah.

Budaya sajian minum teh di sekolah di China mempunyai kemiripan dengan sekolah yang ada di Aceh, sebab bila sekolah di Aceh dikunjungi oleh tamu terhormat juga biasanya disuguhi dengan teh atau kopi, misalnya sekolah di Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues dengan bangga menyajikan minuman kopi asli Gayo, ujar Darjo.

"Terimakasih saya sudah mendapat pembelajaran berharga dari generasi muda Tionghoa tersebut," tutup Darjo. (TARMIZI A GANI)

Berita Terkait