Minggu, 19 November 2017 | 20:47:14 WIB

Euro 2016 - Italia Singkirkan Spanyol 2-0 di Laga 16 besar

Selasa, 28 Juni 2016 | 03:00 WIB
Euro 2016 - Italia Singkirkan Spanyol 2-0 di Laga 16 besar

Italia melangkah meyakinkan ke perempatfinal Piala Eropa 2016. Gli Azzurri menaklukkan juara dua edisi terakhir, Spanyol, dengan skor 2-0. (FOTO: AFP/LINDO)

PRANCIS, LINDO - Italia melaju ke perempatfinal Euro 2016 setelah menyingkirkan juara bertahan Spanyol dengan skor 2-0 pada laga 16 besar di Stade de France, Prancis, Senin (27/6).

Sepasang gol kemenangan Italia dicetak Giorgio Chiellini pada babak pertama dan Graziano Pelle pada babak kedua.

Kemenangan ini membuat Italia akan berhadapan dengan Jerman di babak perempatfinal yang akan digelar pada 3 Juli di Matmut Atlantique, Bordeaux, Prancis.

Di sisi lain, Spanyol menyusul Hongaria, Slowakia, Irlandia, Kroasia dan Swiss untuk angkat koper dari Prancis.

Statistik UEFA mencatat Spanyol menguasai pertandingan dengan 58 persen penguasaan bola berbanding 42 persen. Italia berhasil melepaskan tujuh tendangan on target sementara Spanyol lima sepakan tepat sasaran tanpa berbuah gol.

Pada awal laga, kedua tim memulai pertandingan dengan umpan-umpan panjang dari belakang ke depan untuk beradaptasi dengan kondisi lapangan yang basah karena hujan.

Penjaga gawang Spanyol, David de Gea, melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis tandukan Graziano Pelle dari umpan Alessandro Florenzi yang mengarah ke sudut kiri bawah gawang pada menit 8.

Tiga menit kemudian, De Gea kembali beraksi menepis tendangan akrobatik Giaccherini. Bola yang ditepis De Gea sempat memantul di mistar gawang kemudian dibuang oleh pemain Spanyol.

Giorgio Chiellini mencetak gol memaksimalkan suasana kemelut pasca tendangan bebas Eder pada menit 32. Bek klub Juventus itu meneruskan bola yang ditahan Emanuele Giaccherini saat berdiri di mulut gawang Spanyol.

Pada awal babak kedua Spanyol mengubah taktik dengan memasukkan penyerang jangkung Aritz Aduriz menggantikan Nolito. Sementara Italia menarik De Rossi kemudian memainkan Thiago Motta.

Italia kembali berpeluang lewat kerja sama Pelle dan Eder namun berhasil diblokir De Gea pada menit 56.

Spanyol berbalik mengancam saat Fabregas memberikan umpan kepada Aduritz namun sepakan pemain Bilbao itu melenceng. Tandukan Ramos dari sepak pojok Fabregas juga tidak mampu menembus gawang Buffon pada menit 73.

Graziano Pelle membuat pendukung Italia di stadion bergemuruh setelah meneruskan umpan silang Matteo Darmian menjadi gol pada menit 90. Skor 2-0 bertahan hingga laga usai.

Segenap pemain Italia, termasuk penjaga gawang Buffon, terlihat sangat gembira atas gol Pelle yang memastikan mereka lolos ke perempatfinal

Susunan pemain kedua tim dilansir dari UEFA:

Italia (3-5-2): 
Buffon, Chiellini, Bonucci, Barzagli, De Sciglio, Florenzi (Matteo Darmian), De Rossi (Thiago Motta), Parolo, Giaccherini, Pelle, Eder.

Spanyol (4-3-3): De Gea (G), Juanfran, Jordi Alba,  Ramos (C), Piqué, Busquets, Iniesta, Fàbregas, Silva, Nolito (Aritz Aduriz), Morata (Lucas Vazquez).

EDITOR : EDITOR: AHMAD DAILANGI

Berita Terkait

Baca Juga