Sabtu, 18 November 2017 | 19:01:10 WIB

Warga Argentina turun ke jalan, Tuntut Messi Kembali ke Timnas

Senin, 4 Juli 2016 | 02:05 WIB
Warga Argentina turun ke jalan, Tuntut Messi Kembali ke Timnas

Penyerang Timnas Argentina Lionel Messi. (FOTO: REUTERS/ANT/LINDO)

BUENOS AIRES, LINDO - Ratusan warga Argentina menggelar unjuk rasa, Sabtu waktu setempat, untuk mendesak Lionel Messi kembali ke tim nasional Argentina setelah megabintang sepak bola itu secara tak terduga menyatakan pensiun dari timnas menyusul kekalahan pada final Copa America lalu.

Messi, lima kali pemain terbaik dunia, sudah bermain pada tiga final Copa America pada 2007, 2015, dan 2016, selain final Piala Dunia 2014, dan semuanya kalah.

Pada pertandingan final melawan Chile pekan lalu, dia gagal pada tendangan penalti pembuka Argentina dalam adu penalti setelah pertandingan berakhir 0-0.

"Saya kira sudahlah. Sudah berakhir bagi saya di timnas," kata dia kepada wartawan usai pertandingan itu.

Namun warga Argentina yang dihimbau para tokoh seperti Presiden Mauricio Macri dan legenda sepak bola Argentina Diego Maradona, berkumpul di sekitar Monumen Obelisco di pusat kota Buenos Aires yang biasanya dijadikan pusat perayaan kemenangan olah raga.

Sembari mengibarkan banner yang mengagungkan Messi, mereka memohon sang bintang untuk kembali mengenakan kostum tim nasional Argentina.

"Ada yang bilang ada seorang Messi setiap 500 juta tahun dan kami menikmati itu, oleh karena kita harus berterima kasih kita bisa hidup pada era ini," kata penggemar Santiago Bordero.

Demonstran lainnya bernama Juan Alberto Salas menimpali, "Dia harus kembali. Bagi saya, dita tak tergantikan, dia dewa."

Semntara itu, Sergio Aguero dan beberapa pemain Argentina lainnya kemungkinan akan mengikuti jejak Lionel Messi yang pensiun dari tim nasional setelah kalah dari Chile pada partai final Copa America lewat adu penalti dua tahun berturut-turut.
 
"Kemungkinannya adalah Messi bukan satu-satunya yang akan meninggalkan tim nasional. Ada beberapa pemain seperti saya yang akan mengevaluasi apakah akan melanjutkan karir internasional atau tidak," kata Aguero seperti dilansir dari Reuters, Senin.
 
Pemain Manchester City itu, yang menggantikan Gonzalo Higuain pada menit ke-70, sangat kecewa karena Argentina gagal mengakhiri puasa tropi di level senior selama 23 tahun.
 
"Orang tidak ingin berpikir tentang hal itu tetapi kali ini, ada banyak hal terjadi dan pemikiran (tentang pensiun) muncul di pikirannya," kata Aguero.
 
Aguero yang bermain sejak 2006 bersama tim senior Argentina, juga berempati dengan kesedihan Messi sebagai pemegang gelar pemain terbaik sebanyak lima kali.
 
"Sayangnya, salah satu yang paling terpukul adalah Leo Messi setelah kegagalan penaltinya. Ini adalah yang terburuk yang pernah saya lihat di ruang ganti," kata dia.
 
Selain itu, Carlos Tevez juga ikut mendukung keputusan Lionel Messi untuk pensiun dari Timnas Argentina dengan mengecam Asosiasi Sepakbola Argentina (AFA).

Messi mengumumkan keputusannya gantung sepatu dari Argentina menyusul kekalahan pada final Copa America atas Cile. Pada laga itu Messi gagal mengeksekusi sepakan 12 pas di babak adu penalti.

Kekalahan itu membuat Argentina mengalami tiga kekalahan beruntun di final, selain itu mereka juga kalah pada final Piala Dunia 2014.

Messi beralasan keinginannya pensiun karena tak kuat menerima kekalahan bersama Argentina, sementara Tevez menilai perginya Messi karena hubungan yang buruk dengan AFA.

"AFA adalah biang kekacauan," kata Tevez dilansir dari ESPN, Sabtu,  "Kami harus menempatkan diri di posisinya. Dia lelah dan itu normal. Saya juga beberapa kali merasa bosan di tim nasional," lanjut pemain Boca Juniors itu.

"Kami harus memberinya waktu. Sudah jelas kami membutuhkan dia. Setelah beberapa laga berlalu dan AFA menjadi lebih terorganisir, mungkin tim nasional bisa merayunya kembali, dan kami akan menunggunya," pungkas Tevez.  (ANT)

EDITOR : EDITOR: AHMAD DAILANGI

Berita Terkait

Baca Juga