Selasa, 17 Juli 2018 | 09:09:05 WIB

Bupati : FBLN Janji Akan Bayar Hutang IMB Secara Cicil

Sabtu, 30 Juli 2016 | 00:51 WIB
Bupati : FBLN Janji Akan Bayar Hutang IMB Secara Cicil

Bupati Halmahera Tengah (Halteng) M Al Yasin Ali. (FOTO: IST/LINDO)

HALTENG, LINDO - Bupati Halmahera Tengah (Halteng) M Al Yasin Ali menyampaikan terkait dengan hutang penerbitan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) PT Fajar Bhakti Lintas Nusantara (FBLN) site Pulau Gebe sebesar Rp.2miliar lebih itu akan segera dibayar dengan cara mencicil sebanyak empat kali sesuai dengan pengakuan dan perjanjian yang disampaikan oleh pihak korporasi tersebut kepada Pemda Halteng.

"Masalah hutang PT FBLN tentang izin penerbitan IMB akan dibayar dengan cara dicicil sebanyak empat kali," kata Yasin, Kamis (28/7) di kantor DPRD Halteng.

Pemda kata dia terus memberikan ketegasan dan teguran kepada pihak Perusahaan, namun untuk saat ini mereka mengatakan telah siap dan akan membayar maka pemda menunggu, karena kata dia bagaimana pun pemda telah mengeluarkan izin itu, dan mereka memiliki kewajiban untuk tetap harus membayar hutang-hutang ke pihak pemda, karena saat ini perusahaan telah mendirikan pabrik dan telah beroperasi, secara otomatis PT FBLN telah memiliki uang dan mampu membayar hutang.

"Jika FBLN belum beroperasi dan mengekspor hasilnya, pemda akan tetap melakukan tindakan tegas bahkan bisa memberhentikan, namun mengingat adanya regulasi yang mana semua telah dialihkan ke provinsi maka pemda hanya mengingatkan perusahan harus membayar hutang," ujarnya.

Untuk proses pembayaran yang akan dilakukan pihak PT FBLN site Pulau Gebe secara cicil tersebut pemda halteng masih menunggu surat dari perusahaan, jika surat tersebut telah ada, maka akan diserahkan ke Bupati untuk dipelajari, kemudian pemda akan tetapkan jumlah pembayaran.

"Kita menunggu surat dari Perusahaan, kalau sudah ada, baru akan kita tetapkan sesuai dengan arahan Bupati," tutur Kepala Dinas Pendapatan dan Perizinan Terpadu Pemkab Halteng Abdurrahim Yau. (LAMAGI LA ODE)

Berita Terkait