Sabtu, 18 November 2017 | 18:56:46 WIB

Paskibraka Nasional jalani Latihan Pemantapan Bersama Paspampres

Rabu, 3 Agustus 2016 | 09:44 WIB
Paskibraka Nasional jalani Latihan Pemantapan Bersama Paspampres

Pelatihan Paskibraka Tingkat Nasional Resmi Dibuka. (FOTO: IST/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) nasional hasil seleksi dari seluruh Indonesia menjalani sesi latihan bersama Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) guna memantapkan koordinasi tim 45 sebelum mereka menjalani latihan gabungan bersama pasukan TNI-Polri.

Ketua Panitia Seleksi Paskibraka Nasional 2016, Bastaman Harapan dalam keterangan tertulis yang diterima media di Jakarta, Rabu (3/8) mengatakan, latihan bersama Paspampres dilakukan selama dua hari dengan tujuan utama untuk memantapkan kekompakan.

"Latihan ini sebagai bentuk adaptasi, dan untuk memantapkan kekompakan saja. Kalau awal-awal latihan pagi hari masih ada yang kurang, sedikit kurang rapi, tapi sore hari sudah bagus," katanya.

Pelatihan Paskibraka nasional yang dipersiapkan untuk upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta, 17 Agustus nanti yang melibatkan Paspampres ini dilakukan di PP PON, Cibubur.

Bastaman menjelaskan, sejauh ini proses latihan berjalan dengan baik. Kesalahan-kesalahan mendasar tidak terlihat lagi karena secara kemampuan, para anggota Paskibraka sudah cukup matang saat datang ke Jakarta.

"Tidak ada kesalahan fatal yang kelihatan. Mereka ini semua sudah matang di daerah, jadi di sini dimantapkan saja, dijaga kekompakan dan kerapiannya," kata pria yang juga Kabid Kaderisasi dan Pendayagunaan Kepemimpinan Kemenpora.

Saat ini lapangan di PP PON Cibubur sudah diatur kondisinya menjadi sedemikian rupa untuk disesuaikan dengan kondisi lapangan Istana Negara. Tribun dibuat sama persis, jalur lintasan dan tiang bendera juga tidak berbeda.

Sementara itu, sesuai dengan rencana latihan gabungan dalam skala besar sesuai dengan kondisi saat hari H upacara bendera di Istana negara akan digelar pada 8 Agustus. Dalam sesi latihan gabungan ini, ada seribu lebih pasukan yang akan bergabung.

"Sebelum masuk latihan itu, sekarang kita matangkan dulu tim 45. Baru tampil bersama di latihan gabungan," kata Hastaman Harahap menegaskan.

 Dalam sesi latihan tersebut, kata dia, tanggung jawab sudah sepenuhnya berada di Komando Garnisun Tetap I/ Jakarta. Mereka menjadikan latihan ini sebagai waktu pematangan menuju latihan gabungan. (ANT)

EDITOR : EDITOR: ALDY M

Berita Terkait

Baca Juga