Sabtu, 18 November 2017 | 18:58:34 WIB

Koramil 04/Cengkareng Bantu Sudin Dukcapil Jakarta Barat Gelar Biduk

Kamis, 4 Agustus 2016 | 15:01 WIB
Koramil 04/Cengkareng Bantu Sudin Dukcapil Jakarta Barat Gelar Biduk

Suasana Apel operasi Bina Kependudukan (Biduk). (FOTO : KODIM0503/LINDO)

JAKARTA, LINDO – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Cengkareng Timur Serma Wisnu dari Koramil 04/Cengkareng Kodim 0503/Jakarta Barat (JB), membantu Suku Dinas Kependudukan dan  Catatan Sipil (Sudin Dukcapil) Jakarta Barat (Jakbar), menggelar operasi Bina Kependudukan (Biduk), di Apartemen City Resort RT 7 RW 14, Kelurahan Cengkareng Timur, Jakbar Rabu (3/7).

Operasi Biduk diawali dengan apel kesiapan dipimpin Kepala Sudin Dukcapil Jakbar M. Hatta, yang dilanjutkan dengan pembagian regu-regu berisi gabungan personel dari unsur Koramil, Polsek, Sudindukcapil, Satpol PP, Imigrasi, Disnakertrans, Sudin Sosial dan Security Apartemen City Resort.

M. Hatta menjelaskan tujuan operasi Biduk digelar adalah untuk mendata pendatang baru pasca arus balik lebaran 2016, warga yang belum memiliki KTP DKI maupun warga asing yang tinggal di Apartemen tersebut.

Menurutnya, dalam operasi Biduk kali ini, petugas gabungan supaya tetap mengutamakan pelayanan pendataan kependudukan bagi warga pendatang.

“Kita junjung atau mengutamakan pelayanan pendataan kependudukan bagi warga pendatang yang datang bekerja atau mengadu nasib di Jakarta, khususnya Jakarta Barat," jelas M. Hatta di halaman Apartemen City Resort.

Operasi Biduk kali ini berjalan dengan baik lantaran warga yang ditemui rata-rata merupakan warga pendatang atau berasal luar DKI Jakarta, kooperatif dengan petugas.

"Tak ada yang protes, justru mereka senang bisa dibantu oleh kami. Sebab, rata-rata mereka datang untuk bekerja di Jakarta Barat, karena di sini kan banyak lapangan kerja, mereka bingung bagaimana cara melakukan perekaman e-KTP.  Justru itu kita layani dengan baik agar mereka terdata sebagai warga DKI, atau kalau memang tidak ingin lama di Jakarta, kita bantu untuk buatkan Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS) secara gratis. Semuanya gratis tak dipungut biaya," kata M. Hatta.

Hasil operasi Biduk didapat 38 warga yang masih menggunakan KTP Daerah, dan kepada mereka diberikan SKDS.  Juga didapat delapan orang Warga Negara Asing (WNA) dan mereka semuanya dilengkapi dokumen kependudukan yang sah.

Turut hadir dalam operasi Biduk diantaranya Kabagtapem Jakbar Haryadi, Kastpol PP T. Sijabat, Camat Cengkareng Masud Efendi, dan Wakapolsek Cengkareng AKP Suhardono.

EDITOR : ARMAN R

Berita Terkait

Baca Juga