Sabtu, 20 Januari 2018 | 10:32:22 WIB

Ini Kriteria Calon Gubernur Tujuh Parpol untuk Lawan Ahok

Selasa, 9 Agustus 2016 | 01:29 WIB
Ini Kriteria Calon Gubernur Tujuh Parpol untuk Lawan Ahok

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (FOTO: POSKOTA/LINDO)

JAKARTA, LINDO – Calon Gubernur DKI petahana, Ahok mengaku tak gentar melawan tujuh partai politik (parpol) yang berkoalisi di Pilkada DKI 2017.

“Enggak masalah. Mau kumpulin semua parpol juga gue enggak takut,” ujar Ahok di Balaikota DKI, Senin (8/8).

Ahok mengatakan, sejak dulu memang sudah siap untuk melawan semua parpol. Ia tunjukkan dengan niatnya untuk maju lewat jalur perseorangan. “Mental saya waktu itu independen lawan semua parpol. Itu mental saya. Eh, ada tiga partai teman, akarnya sama-sama kenal, mereka langsung dukung,” ucapnya.

Apalagi, kata Ahok, tiga parpol pendukungnya mengisyaratkan untuk tidak perlu menunggu tambahan dukungan dari parpol lain. “Mereka lebih cenderung tidak usah nambah parpol lagi, tiga saja cukup,” tegasnya seraya menandaskan pihaknya setuju dengan keinginan tiga parpol pendukungnya.

Sementara itu, konsolidasi terus dilakukan partai politik di luar pendukung Ahok. Berlabel “Koalisi Kekeluargaan” sepakat untuk mencari pemimpin Jakarta lebih baik daripada Ahok.

Plt Ketua DPD PDIP DKI, Bambang DH, mengungkapkan tujuh kriteria itu yakni arif, bijaksana, beradab, santun, beretika, bersih dan cerdas. “Tidak bicara orang per orang, tapi berhasil formulasikan kriteria, seperti apa pemimpin Jakarta yang akan diperjuangkan untuk dipilih warga Jakarta,” tegasnya.

Bambang menambahkan, tujuh kriteria itu diharapkan dapat menjadikan Jakarta lebih baik. Pasalnya Jakarta tak akan lagi gaduh dan Ibukota bisa ditempati dengan suasana kondusif.

Ketua DPD Gerindra DKI, Mohamad Taufik, mengatakan tujuh kriteria itu merupakan masing-masing usulan dari tujuh partai politik dalam Koalisi Kekeluargaan. “Saya kira pertemuan tujuh partai ini adalah anugerah dan tak mudah. Ini pasti atas izin yang maha kuasa,” ucapnya.

Adapun tujuh partai yang tergabung dalam Koalisi Kekeluargaan yakni PDIP, Partai Gerindra, PKS, PPP, Partai Demokrat, PKB dan PAN. Sedangkan untuk saat ini Ahok didukung tiga partai yakni Partai Golkar, Partai Nasdem dan Partai Hanura.
Sementara itu pengusaha di Surabaya siap memberikan sinyal dukungan dan merelakan Tri Rismaharini untuk maju di Pilkada DKI.

Menurut Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Surabaya, Jamhadi, keberhasilan Risma membangun Surabaya, sudah layak untuk memimpin daerah yang lebih besar seperti DKI Jakarta. (Guruh/Nurqomar)

Berita Terkait