Sabtu, 18 November 2017 | 18:54:51 WIB

Pertamina Minta Rio Cari Tim Baru Formula Satu

Minggu, 14 Agustus 2016 | 01:29 WIB
Pertamina Minta Rio Cari Tim Baru Formula Satu

Pebalap Indonesia Rio Haryanto (kanan). (FOTO: REUT/LINDO)

JAKARTA, LINDO - PT Pertamina meminta Rio Haryanto mencari tim Formula 1 yang baru pada musim depan setelah pemuda kelahiran Solo itu terdepak dari kursi pebalap utama Manor Racing.

"Karena Rio terima tawaran posisi sebagai pebalap cadangan, dia harus bisa selesaikan sisa musimnya. Kami sangat menginginkan Rio mendapatkan tim terbaik, kami sudah minta manajemen Rio (Kiky Sport) untuk mencari tim yang sesuai dengan Rio," kata VP Public Relation Pertamina Wianda Pusponegoro di Jakarta, Sabtu (13/8).

Tim terbaik ini, kata Wianda, memahami kelebihan dan kemampuan Rio Haryanto sehingga bisa mengimplementasikan kemampuan Rio secara maksimal.

"Pertamina sangat berharap Rio dipertemukan dengan tim yang paham atas kapabilitasnya karena kita lihat tim berpengaruh pada performa pebalap, semoga dengan kolaborasi itu menghasilkan prestasi maksimal bagi Rio di lapangan," ujar Wianda.

Wianda belum bisa menyebutkan tim mana yang akan diperkuat Rio musim berikutnya. Namun dia yakin Rio akan cepat menemukan tim baru dengan bakat yang dimiliki.

"Rio itu merupakan bakat dunia balap yang sangat bagus, dia itu dicari tim, bukan kemudian kita harus tergantung pada satu pihak saja. Selama 12 seri telah kita amati bersama, beberapa kali Rio mengungguli pebalap satu timnya pada babak kualifikasi. Dan prestasi itu tentu dilihat tim F1 lainnya," ucap dia.

Oleh karena itu, Pertamina berkomitmen mendukung Rio terus berlaga pada ajang Formula 1 dan meminta semua pihak turut mendukung kiprah Rio.

"Karenanya, kita semua harus dukung Rio agar bisa berlomba di F1 sehingga tim lain bisa melihat kemampuan Rio dan dia bisa memilih tim apa yang cocok bagi dia. Kami tidak mau kalau Rio harus turun lagi ke GP2 misalnya. Karena sejak awal, Pertamina ingin mengantar putra bangsa terbaik di ajang F1 ini, ke level dunia," kata Wianda.

Wianda menegaskan telah mendukung Rio pada ajang balap sejak 6 tahun lalu karena melihat pemuda 23 tahun asal Solo itu memiliki potensi dan prestasi yang bisa diangkat serta mengharumkan Indonesia pada ajang F1.

Beberapa pihak-pun menginginkan Rio bisa memperkuat tim yang lebih baik dari yang sekarang (Manor Racing) pasca pergantian posisi pebalap utama Manor Racing.

Dengan memilih tim yang baru dan memiliki predikat lebih baik, diperkirakan sponsor harus membayar lebih besar, namun Wianda yakin berbagai Badan Usaha Milik Negara dan lembaga akan mengikuti jejak Pertamina mendukung Rio.

"Kesempatan itu masih sangat banyak, dengan prestasi Rio di 12 race itu, kami yakin bisa didukung oleh badan usaha atau lembaga lain selain Pertamina karena saya lihat Rio dianggap bukan hanya representasi Indonesia tapi Asia, tentunya kesempatan untuk mendukung secara bersama-sama masih sangat terbuka, karena harapan kami Rio tetap berlaga dengan sebaiknya," kata Wianda. (ANT)

EDITOR : EDITOR: ALDY M

Berita Terkait

Baca Juga