Senin, 18 Juni 2018 | 05:16:40 WIB

Marinir Wilayah Jakarta Peringati Hut RI KE-71 Di Cilandak

Rabu, 17 Agustus 2016 | 11:12 WIB
Marinir Wilayah Jakarta Peringati Hut RI KE-71 Di Cilandak

Prajurit Marinir dan PNS Marinir yang berdinas di wilayah Jakarta, melaksanakan Upacara Peringatan Hut RI ke-71. (FOTO : DISPENKORMAR/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Prajurit Marinir dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berdinas di lingkungan Marinir Wilayah Jakarta, melaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (Hut RI) ke-71, di Lapangan Apel Ksatrian Marinir Hartono, Cilandak Jakarta Selatan, Rabu (17/8).

Asisten Logistik (Aslog) Dankormar Kolonel Marinir Suherlan bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup). Peserta upacara berasal dari prajurit dan PNS yang berdinas di Markas Komando Korps Marinir (Mako Kormar), Pangkalan Marinir (Lanmar) Jakarta, Rumah sakit marinir cilandak dan Pasmar-2.

Upacara berjalan cukup hikmat ditandai dengan pengibaran sang merah putih,  pembacaan Teks Proklamasi oleh Irup, dan pembacaan pembukaan UUD 45.   

Aslog Dankormar Kolonel Marinir Suherlan mengatakan, Hari ini Indonesia kembali memperingati hari ulang tahun proklamasi kemerdekaan. Makna 17 agustus 1945 adalah sebuah momen heroik bagi bangsa Indonesia, tujuan utama perjuangan pergerakan kemerdekaan sekaligus langkah awal membangun jati diri sebagai negara yang merdeka, berdaulat, dan bebas dari penjajahan.

"Tema peringatan hari ulang tahun kali ini adalah Indonesia Kerja Nyata, tema ini bermakna sebagai sebuah gerakan nasional untuk meningkatkan kerja nyata guna mewujudkan Indonesia yang mandiri, maju, adil dan makmur. Hanya dengan kerja sebuah bangsa akan meraih kemakmuran dan kejayaan," ujar Aslog Dankormar.

Menurutnya, Tentara Nasional Indonesia (TNI AL), khususnya Korps Marinir (Kormar) terus membangun dan meningkatkan kemampuannya untuk mendukung terwujudnya pertahananan maritim yang dapat mengatasi segala bentuk ancaman.

Hal tersebut sesuai amanat Undang-Undang nomor 24 tahun 2004 tentang TNI, bahwa pembangunan kekuatan pertahanan maritim memiliki dua tujuan yaitu melindungi kedaulatan wilayah dan sumber daya nasional, serta menjamin keamanan dan keselamatan pelayaran di seluruh wilayah laut Indonesia.

Untuk itu prajurit Koprs Marinir harus mewujudkan empat program prioritas yaitu program dukungan kesiapan matra laut, modernisasi alutsista non alutsista serta pengembangan fasilitas sarana prasarana, peningkatan  profesionalisme dan penyelenggaraan manajemen dan operasi matra laut.

Berita Terkait