Senin, 23 April 2018 | 01:00:31 WIB

Pasis Seskoal Angkatan 54 Ikuti Diskusi Panel Bidang Iptek

Jum'at, 19 Agustus 2016 | 20:24 WIB
Pasis Seskoal Angkatan 54 Ikuti Diskusi Panel Bidang Iptek

Seklem Seskoal Kolonel Laut (P) Prasetyo membuka Diskusi Panel Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek). (FOTO : BAGPENSESKOAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Sebanyak 150 Perwira Siswa (Pasis) Dikreg Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-54 TP 2016 ,yang terdiri dari 139 Pasis TNI AL, dua Pasis masing-masing dari TNI AD dan TNI AU serta tujuh Pasis Mancanegara yang berasal dari Amerika, Australia, Jepang, India, Malaysia, Pakistan dan Singapura, mengikuti Diskusi Panel Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek), Jumat (19/8), di Amphi Teather, Pusat Olah Yudha, Gedung O.B. Syaaf, Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan.

Diskusi yang mengangkat tema “Melalui Kebijakan Nasional dan Sinergi Antar Lembaga Litbang dan Industri Dalam Negeri, Kita Kembangkan Teknologi Bidang Maritim Untuk Mendukung Pertahanan Negara” ini, dibuka Seklem Seskoal Kolonel Laut (P) Prasetyo mewakili Komandan Seskoal Laksma TNI Arusukmono Indra Sucahyo, S.E, M.M.

Dua panelis diundang sebagai nara sumber dalam diskusi ini yakni Direktur Teknologi dan Industri Pertahanan Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Jan Pieter Ate. M.Bus, M.M dengan pembahasan kebijakan nasional untuk meningkatkan pemberdayaan litbang nasional bersinergi dengan industri pertahanan dalam negeri guna mendukung pertahanan Negara, kebijakan pengembangan teknologi untuk mendukung alutsista TNI/TNI AL dan perkembangan teknologi pesawat pemantau maritim baik pesawat berawak maupun PTTA sebagai pesawat pemantau maritim di KRI produksi dalam negeri.

Sementara Panelis kedua adalah Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia Dr Budi Santoso dengan mengangkat materi PTDI sebagai salah satu elemen penunjang menuju TNI Angkatan Laut berkelas dunia. Bertindak selaku moderator adalah Kepala Bagian Perpustakaan Seskoal Letkol Laut (KH) Riduan.

Seklem Seskoal Kolonel Laut (P) Prasetyo mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan dalam kalender pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan tentang berbagai kebijakan yang berhubungan dengan pengembangan teknologi kemaritiman dan untuk mendiskusikan pentingnya sinergi antar lembaga penelitian nasional dan Industri Strategis Nasional (Instratas) bidang teknologi maritim guna memberikan dukungan logistik pertahanan negara di laut.

Pada kesempatan itu, ia meminta kepada 150 Pasis agar dapat mengerti dan memahami secara komprehensif tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan tema diskusi, sehingga pada akhirnya dapat digunakan sebagai bahan masukan atau sumbangan pemikiran bagi pembangunan dan pengembangan kekuatan TNI AL.

Kegiatan tersebut dihadiri Direktur Pendidikan Seskoal Kolonel Laut (P) Dadi Hartanto, kepala Departemen Iptek Kolonel Laut (T) Eko Sudjatmiko, para Kepala Departemen serta Dosen dan Patun Seskoal.

Berita Terkait