Rabu, 22 November 2017 | 20:09:54 WIB

Kontingen Garuda XX-M/Monusco Meriahkan Upacara HUT RI Ke-71 di Nairobi

Minggu, 21 Agustus 2016 | 02:59 WIB
Kontingen Garuda XX-M/Monusco Meriahkan Upacara HUT RI Ke-71 di Nairobi

(FOTO: Penerangan Konga XX-M/LINDO)

NAIROBI, LINDO - Tidak hanya di Indonesia yang melaksanakan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 tahun 2016, tetapi di alam Afrika, Bendera Merah Putih juga berkibar dengan gagah perkasa.
 
Dalam cuaca yang relatif dingin di Nairobi, sekitar 80 orang Warga Negara Indonesia (WNI) beberapa waktu lalu melaksanakan upacara di kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia.  Semangat nasionalis WNI tidak padam walaupun berada jauh dari Negara asal mereka.
 
Upacara kali ini menjadi sedikit berbeda, karena Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Kompi Zeni TNI Kontingen Garuda XX-M/Monusco (Mission de L’Organisation des Nations Unies pour La Stabilisation en Republique Democratique du Congo) di Republik Demokratik Kongo dibawah pimpinan Letkol Czi Sriyanto, selaku Komandan Satgas, ikut serta mengikuti jalannya Upacara Peringatan HUT RI Ke-71 tahun 2016 di Nairobi-Kenya.
 
Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Duta Besar RI di Kenya, Soehardjono Sastromihardjo, dengan  Komandan Upacara Lettu Czi Ruzald DY Auparay, ST.  Sementara itu, formasi pengibaran bendera menggunakan formasi 8 (delapan), yaitu dengan komposisi 3 (tiga) orang bendera yang merupakan Staf KBRI Nairobi dan 5 (lima) orang adalah anggota Satgas Kizi TNI Kontingen Garuda XX-M/Monusco.
 
Dalam amanatnya, Duta Besar RI di Kenya Soehardjono Sastromihardjo mengutip Pidato Presiden Joko Widodo yang menjelaskan pencapaian-pencapaian lembaga negara dan upaya peningkatan kinerja masing-masing lembaga negara untuk pelayanan terhadap masyarakat.
 
Upacara dilaksanakan 2 (dua) kali, yaitu Upacara Bendera pada pukul 10.00 dan pukul 17.00 waktu setempat. Setelah pelaksanaan upacara kenaikan bendera, WNI di Nairobi melaksanakan perlombaan yang diikuti anak-anak, yaitu perlombaan makan kerupuk, memasukkan pulpen ke botol, dan balap karung. Sedangkan untuk dewasa dilaksanakan penyerahan hadiah untuk perlombaan yang sudah dilaksanakan, yaitu lomba bulutangkis, tenis meja, tenis lapangan, dan tarik tambang. Perlombaan-perlombaan ini dilaksanakan sambil menunggu upacara penurunan bendera.
 
Letkol Czi Sriyanto  menyampaikan terima kasih dan kebanggaan kepada KBRI Nairobi yang mempersiapkan dan mempercayakan Satgas Kizi TNI Kontingen Garuda XX-M/Monusco untuk berkolaborasi dalam pelaksanaan Upacara 17 Agustus di Nairobi. (Penerangan Konga XX-M)

EDITOR : EDITOR: ARMAN R

Berita Terkait

Baca Juga