Jumat, 19 Januari 2018 | 08:56:48 WIB

Koarmabar TNI AL Bantu Kapal Harapan Baru Yang Tenggelam di Aceh Timur

Kamis, 1 September 2016 | 11:21 WIB
Koarmabar TNI AL Bantu Kapal Harapan Baru Yang Tenggelam di Aceh Timur

Sea Reader Satuan Patroli Keamanan Laut dan KAL Telaga Tujuh Lantamal I Belawan melaksanakan evakuasi nakhoda dan ABK KM Harapan Baru. (FOTO : DISPENKOARMABAR/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) menerjunkan Sea Reader Satuan Patroli Keamanan Laut dan Kapal Angkatan Laut (KAL) Telaga Tujuh Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan, melaksanakan Search and Rescue (SAR) terhadap KM Harapan Baru yang tenggelam, di sekitar perairan Idi Rauyek, Aceh Timur, Propinsi Nanggroe Aceh Darusalam (NAD), Rabu (31/8).  

KM Harapan Baru merupakan jenis kapal pukat ikan berbendera Indonesia yang berbobot 5 GT dinakhodai Saiful, dengan membawa delapan orang Anak Buah Kapal (ABK).

Kronologis kejadian, KM Harapan Baru berangkat dari dermaga nelayan Idi Rauyek Aceh Timur menuju ke laut tengah guna mencari ikan. Dalam perjalanannya, di seputaran perairan Aceh Timur mengalami kecelakaan yaitu pecah pada bagi haluan depan, sehingga air laut masuk kedalam kapal, yang mengakibatkan kapal langsung tenggelam dan seluruh ABK menyelamatkan diri dengan terjun ke laut.

Pada saat bersamaan, di sekitar tempat kejadian melintas kapal MV Khurusima mendapati para ABK KM Harapan Baru yang terapung-apung sambil meminta pertolongan, sehingga MV Khurusima memutuskan untuk menolong dan memberikan informasi kecelakaan laut tersebut kepada Lantamal I Belawan.

Berdasarkan informasi tersebut, Komandan Lantamal I Belawan Brigjen TNI Marinir Widodo Dwi Purwanto memerintahkan unsur Satkamla yang terdiri dari Sea Reader dan KAL Telaga Tujuh melakukan SAR.

Sesampai di lokasi kejadian pada koordinat 03° 53’ 970’’ U – 098° 44’ 915’’ T , kedua unsur SAR Lantamal I Belawan segera mengevakuasi para korban nakhoda dan ABK KM Harapan Baru yang berjumlah sembilan orang. Sebanyak sembilan orang korban selamat tersebut dibawa ke Lantamal I Belawan guna pengecekan kesehatan di RSAL DR. Komang Makes Belawan.
 
Saat ini, sambil menunggu pemilik kapal, nakhoda dan ABK KM Harapan Baru yang dinyatakan dalam keadaan baik oleh RSAL DR Komang Makes Belawan, dan beristirahat di Longroom Mess Perwira Ciptadi Lantamal I Belawan. (ARMAN R)

Berita Terkait